Tips Cara Mudah Membersihkan Saringan Udara Motor Dengan Benar

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Filter udara yang yang selalu dirawat tentunya akan selalu bersih dan membuat motor tetap melaju dengan kencang dan mulus di jalanan. Perjalanan dengan menggunakan motor akan terasa lebih menyenangkan jika filter udaranya terawat. Karena filter udara adalah salah satu komponen sepada motor yang masuk kategori penting. Jangan sepelekan saringan udara pada sepeda motor. Lalai dari perawatan bisa mengganggu performa.

Hanya mungkin banyak yang belum diketahui pemilik motor kalau bahan filter udara itu sudah masuk generasi ketiga. Pertama menggunakan bahan busa kemudian dengan kertas kering dan terakhir kertas basah. Ketiga mempunyai perlakukan berbeda ketika membersihkannya. Filter udara dari busa, meski sudah lama, tak sedikit pabrikan mengaplikasi model ini lantaran mudah perawatannya.

Untuk membersihkannya cukup pakai bensin dengan cara direndam atau disiran, setelah itu diperas. Setelah dibersihkan, lumuri pakai oli. Cukup tipis dilapisi pada permukaan busa. Kertas kering disebut dry element. Bahannya tebal tidak cepat rusak saat menyedot udara, meski udaranya terkadang bercampur cairan seperti air.

Baca Juga: Jadwal Rute Cara Daftar Lomba Lari Jakarta Marathon 2015

Proses membersihkan filter ini justru lebih gampang ketimbang berbahan busa. Untuk menghilangkan kotoran cukup disemprot pakai angin kompresor tanpa harus direndam bensin, apalagi dengan oli. Kertas basah, model terbaru disebut wet element. Bahannya hampir mirip dengan kertas kering. Bedanya kertas basah ini memiliki pelumas khusus berfungsi menyetop kotoran tidak masuk ke ruang bakar. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply