Tips Mengirit Bahan Bakar Motor Versi Ojek Online

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Selama ini motor bukan angkutan umum sebab tidak termasuk dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memilih jalan pintas menjadikan sepeda motor diakui secara hukum sebagai angkutan umum.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub menyampaikan untuk merancang aturan terkait ojol dan opang sebagai angkutan umum, pihaknya bakal memasukan empat unsur penting, meliputi aspek keselamatan, tarif, suspend, dan kemitraan. Empat poin tersebut prioritas dalam rancangan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Berbasis Aplikasi. Aturan ini dibuat untuk mengatasi polemik ojol dan opang selama ini. Menghemat bahan bakar, bukan berarti kita hanya perlu menggunakan kendaraan hanya sekali sebulan atau sekali dalam seminggu.

Karena ini tidak memungkinkan dengan kesibukan kita sehari-hari. Kebanyakan dari kita membeli mobil bukan untuk dipakai sekali atau dua kali dalam beberapa pekan, namun setiap hari. Berikut cara yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir konsumsi bahan bakar kendaraan kita. Dinilai dari aktivitasnya sehari-hari di jalanan, para pengemudi ojek online (ojol) bisa jadi referensi khusus belajar ilmu berkendara sepeda motor yang ekonomis bahan bakar.

Buat mereka semakin irit pemakaian sangat mempengaruhi mata pencaharian. Rata-rata ojek online (ojol) menyebut cara mereka bikin irit bahan bakar yaitu mengatur buka tutup selongsong gas. Biar irit saat berkendara pengemudi harus stabil memainkan gas. Menurut dia kestabilan itu berpengaruh besar buat penggunaan bahan bakar.

Taktik irit buat motor menggunakan kopling sedikit berbeda, selain main gas harus stabil, pengemudi mesti lihai mengolah tuas kopling. Pada prinsip irit bahan bakar, kecepatan rendah bukan berarti irit dan kencang tidak pasti boros.

Penting untuk diketahui bahwa kondisi paling irit berkendara motor yaitu saat “melayang”. Artinya melayang, saat itu motor sedang melaju pada kecepatan tertentu namun mesin tidak bekerja terlalu keras untuk mempertahankan kecepatannya.

Baca Juga: Pahami Untung Rugi Kredit Mobil Atau Motor Dengan DP Nol Persen

Perlu dipahami juga mengemudi irit berarti lihai memainkan momentum kecepatan. Kondisi stop and go seperti saat macet merupakan situasi sulit mempertahankan efisiensi bahan bakar. Mengerem dianggap pemborosan bahan bakar karena energi yang dikeluarkan menjadi perlambatan bukan percepatan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply