Awas Pakai Pelat Palsu! Kayak Adi Pembanting Motor, Bisa Dihukum Bui

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Adi Saputra melanggar Pasal 263 KUHP dan Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 378 KUHP jo Pasal 480 KUHP dan Pasal 233 KUHP dan atau Pasal 406 KUHP dengan ancaman hukuman sampai dengan 6 tahun penjara.

Adi Saputra (20), pria yang membanting motor di BSD, kini ditahan polisi karena ulahnya. Adi Saputra menghebohkan jagat sosial media usai dirinya melakukan aksi membanting-banting motor karena kesal ditilang polisi. Adi sendiri ketika ditilang tak melengkapi dirinya dengan helm juga tidak membawa STNK serta SIM. Tak habis sampai di situ, diduga Honda Scoopy yang dikendarai Adi bodong. Pihak kepolisian sendiri memastikan pelat nomor Scoopy yang dikendarai Adi tak terdaftar alias bodong.

Pelat nomor kendaraan yang terpasang memang harus dikeluarkan oleh kepolisian karena di dalamnya berisikan kode wilayah, nomor registrasi, dan masa berlaku sehingga kendaraan tak bodong. Tak main-main soal pelat nomor alias TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) diatur dalam pasal 68 ayat 1,3, dan 6 UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Tidak hanya itu dasar hukum pengaturan pelat nomor juga diatur dalam PP No.80 tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan. Bagi yang melanggar, siap-siap dikenakan sanksi kurungan penjara hingga denda paling banyak Rp 500 ribu.

Baca Juga: Sosok Adi Saputra Pengendara Banting Motor Saat Ditilang Jadi Tersangka

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply