Presiden Jokowi Jajal Motor Balap 1000 CC di Istana Bogor

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Pemerintah Indonesia meyakini penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika dapat memberikan potensi ekonomi bagi masyarakat lokal. Sebagai contoh, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero (Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC) mengincar setidaknya 220.000 penonton dari penyelenggaran MotoGP selama tiga hari.

Jumlah penonton 75.000 per hari kali 3 hari sekitar 220.000 dan terbesar di dunia, karena Mandalika ada gunung-gunung yang bisa dimanfaatkan penonton lokal, yang bayar mahal. Tak hanya itu, dari segi penyerapan tenaga kerja, dia menyebutkan pengerjaan sirkuit tersebut bakal menciptakan sekitar 2.000 pekerja musiman dan 5.000 pekerja tetap. Sebagaimana diketahui, ITDC telah meneken kesepakatan dengan Dorna, promotor MotoGP dan World Superbike. Dengan demikian, dipastikan jika dua kompetisi tersebut bakal digelar di Indonesia. Adapun, pembangunan sirkuit tersebut akan dibangun oleh ITDC, bekerja sama dengan VINCI Construction Grands Projects.

Trek balap yang akan dibangun di salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas Indonesia itu berjenis sirkuit jalan raya. Jadi, konsep pembangunan sirkuit tidak hanya digunakan untuk pertandingan Moto GP tetapi juga jalan umum kawasan (street race). Konsep semacam ini diklaimnya sebagai satu-satunya di dunia.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo mengungkapkan Indonesia akan mendapatkan dua manfaat atas penyelenggaraan MotoGP di Mandalika yakni pariwisata dan investasi. Presiden Joko Widodo bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, pemegang lisensi MotoGP, di Istana Bogor, Senin 11 Maret 2019.

Presiden Joko Widodo mengundang Carmelo ke Istana untuk membicarakan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Moto GP 2021. Turut hadir pimpinan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan beberapa pebalap MotoGP. Usai berdialog, Presiden Joko Widodo dan para tamunya keluar dari Istana Bogor.

Di sana sudah disiapkan tiga buah motor balap. Jokowi memilih motor berwarna hitam dengan kapasitas 1000 CC. Awalnya Presiden Joko Widodo hanya melihat-lihat motor itu sambil mendapatkan dari Carmelo dan para petinggi ITDC. Tak lama kemudian wartawan meminta Jokowi untuk menunggangi motor tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Teken PP, Gaji Perangkat Desa Setara PNS Golongan IIA, Ini Besarannya

Akhirnya wartawan pun hanya meminta Presiden Joko Widodo untuk menaiki motor tersebut. Kali ini Presiden Joko Widodo setuju dan langsung duduk di atas motor. Usai menjajal motor, Presiden Joko Widodo meladeni permintaan wartawan untuk wawancara. Presiden Joko Widodo memastikan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah MotoGP 2021. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply