Toyota Century, Mobil Paling Mewah Toyota Khusus Kaisar Jepang

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Jepang merupakan negara dengan otomotifnya yang paling maju. Tentu saja hal ini bukanlah terlepas dari campur tangan pemerintahan kerajaan Jepang yang membuat perkembangan teknologinya yang begitu pesat dan mendunia. Jepang akan melakukan penobatan terhadap Kaisar ke-126, Naruhito.

Pada malam upacara penobatannya itu Naruhito akan menggunakan satu-satunya generasi ketiga Toyota Century yang dibuat khusus untuk acara ini. Toyota Century terbaru diperkenalkan pada tahun 2018 dan tidak diragukan lagi adalah salah satu mobil Jepang paling mewah yang pernah dibuat. Model yang dibangun untuk Kaisar Naruhito menggunakan kursi belakang khusus yang sedikit lebih tinggi dari standarnya. Lambang emas di bagian luar mobil berfungsi sebagai pengingat bahwa ia dilahirkan dengan royalitas. Toyota menjelaskan mereka memilih Century karena memenuhi semua indikator. Mobil harus dibuat di Jepang, besar, megah, aman, dan kuat. Toyota Century akan mengangkut Kaisar Naruhito dari Istana Kekaisaran ke Istana Akasaka pada 22 Oktober.

Perjalanan 4,5 km itu diperkirakan akan memakan waktu sekitar 30 menit. Memang waktu yang sangat lama untuk jarak sedekat itu, tetapi pengemudi harus menjaga kecepatan konvoi agar penonton dapat melihat kaisar dengan baik. Itu sebabnya kursi belakang lebih tinggi. Toyota Century convertible dibangun khusus untuk upacara penobatan, dan kaisar tidak diperbolehkan menggunakannya secara rutin.

Sebuah mobil bergaya klasik khusus buatan Toyota inilah yang menjadi kendaraan yang sering digunakan oleh keluarga kerajaan Jepang. Mobil Toyota Century ini masih mempertahankan bentuk klasiknya seperti yang diproduksi pertama kali pada tahun 1967 dan tidak memiliki perubahan yang signifikan pada modelnya.

Mobil seharta Rp 6 miliar ini memiliki nama Century yang terinspirasi dari peringatan ke 100 tahun founder dari Toyota yaitu Sakichi Toyoda. Meskipun dari segi bodi tidak mengalami perubahan yang signifikan, namun untuk segi performa mesin telah diperbaharui sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Baca Juga: Cara Memilih Aplikasi Monitoring Jaringan yang Tepat

Untuk performa mesin, mobil Toyota Century ini bekerja dengan mesin 5 liter V12 berkapasitas 5.000 cc. Dengan mesin tersebut menghasilkan tenaga kuda yang tidak terlalu besar, hanya 280 hp. Hal ini memang telah sesuai dengan target diciptakannya mobil ini yaitu mengedepankan sisi kenyamanan untuk penumpang mobil Century ini. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply