Mobil Pertama Kia Usai Diambil Alih Indomobil

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Kreta Indo Artha merupakan perusahaan patungan Indomobil Sukses Internasional dan Sarimitra Kusuma Ekajaya (SKE). Indomobil menguasai 60 persen saham Kreta Indo Artha, dan 40 persen milik SKE.

PT Kreta Indo Artha sebagai agen pemegang merek (APM) Kia di Indonesia sedang menyiapkan untuk segera memulai bisnis otomotif. Kia sedang sibuk mempersiapkan perizinan termasuk uji tipe mobil baru yang melibatkan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan. Selama ini Kia memasarkan Picanto, Rio, Sportage, Grand Sedona. Menurutnya target awal mulai beroperasi pada Oktober, harus molor di November 2019. Indomobil sebelumnya pernah mengatakan bakal mengumumkan manajemen baru Kia pada bulan ini atau September 2019. Kreta Indo Artha adalah perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri yang dibentuk pada 17 Mei 2019, menggantikan Kia Mobil Indonesia (KMI) yang selama ini menjadi importir mobil-mobil Kia. KMI berdiri pada 16 Desember 1999. Direktur Indomobil Sukses Internasional mengatakan menjelaskan ketertarikan Indomobil meneruskan bisnis Kia.

Lantaran merek asal Korea Selatan itu sudah dikenal di Indonesia sekitar 20 tahun. Produk pertama Kia sejak kegiatan bisnisnya di Indonesia diambil alih Kreta Indo Artha pada Mei 2019 mulai menampakkan diri. Produk itu adalah generasi baru mobil kota Picanto yang muncul di situs resmi perusahaan.

Dari penampakannya di situs itu, generasi baru Picanto tampil berbeda dan terdapat sunroof di atapnya. Mobil terkecil Kia di dalam negeri ini menggendong mesin 1.200 cc yang tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Dimensi Picanto terbaru, berdasarkan keterangan di situs tersebut, memiliki panjang 3.595 mm, lebar 1.595 mm, tinggi 1.495, dan ground clearance 151 mm.

Picanto bakal dijual dalam empat varian. Rinciannya yakni EX MT Rp205,5 juta, EX AT Rp220,5 juta, GT MT Rp217,5 juta, dan GT AT Rp232,5 juta. Kreta Indo Artha merupakan perusahaan patungan antara Indomobil Sukses Internasional dan Sarimitra Kusuma Ekajaya (SKE). Indomobil menguasai 60 persen saham Kreta Indo Artha, dan sisanya milik SKE.

Baca Juga: Cara Hindari Heat Stroke Dengan Kenali Tanda Tubuh yang Kepanasan

Target awal Kreta Indo Artha akan beroperasi pada Oktober, namun diprediksi molor hingga bulan depan. Pihak Indomobil sebelumnya juga menjanjikan mengumumkan struktur organisasi baru pada September 2019. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply