Tampilan Toyota Yaris JDM Model dari Dekat

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Toyota Yaris pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 2006. Berdasarkan data yang diperoleh Tempo, model ini mencatat total penjualan 193.957 unit. Sedangkan Honda Jazz pertama kali masuk Indonesia pada 2004.

Total penjualan hingga 2019 mencapai 318.285 unit. Pembukaan pameran otomotif Tokyo Motor Show ke 46 di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, pada 23 Oktober 2019 akan diwarna dengan world premiere Honda Jazz terbaru. Model ini merupakan rival terberat Toyota Yaris yang sudah diperkenalkan beberapa hari lalu di Tokyo. Keduanya juga merupakan produk global, artinya dipasarkan di seluruh Indonesia, termasuk di Indonesia. Bicara persaingan di Indonesia, data wholesales atau pengiriman dari gudang ke dealer dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa kedua mobil ini memang terlibat persaingan yang ketat. Sepanjang Januari hingga Agustus, total wholesales keduanya sudah mencapai membukukan 12.000 unit lebih. Honda Jazz tercatat membukukan 7.550 unit dan Toyota Yaris 5,592 unit.

Adapun tipe yang paling diminati dari Honda Jazz adalah RS AT. Sedangkan untuk Toyota Yaris adalah tipe TRD Sportivo CVT. Untuk Toyota Yaris tipe TRD Sportivo CVT menunjukkan tren positif dalam tiga bulan terakhir. Sementara untuk Jazz RSAT 15, juga relatif naik meski tidak signifkan dibandingkan capaian pada Januari hingga Mei 2019. Dua pesaing abadi di kelas hatchback, Toyota Yaris dan Honda Jazz bertemu di Tokyo Motor Show.

Meski tidak ditempatkan di gedung yang sama, tetap saja keberadaan kedua mobil ini sangat menarik perhatian. Toyota sudah lebih dulu merilis mobil Yaris pertengahan Oktober lalu, sementara Honda baru saja merilis Jazz yang disebut Fit di pameran Tokyo Motor Show. Tidak seperti Jazz yang debutnya begitu gegap gempita di Tokyo Motor Show, Yaris lebih kalem, Toyota lebih memilih Megaweb Tokyo, Jepang sebagai tempat perkenalan Yaris model 2019.

Hanya ada 2 model Yaris yang dipamerkan di Megaweb, warnanya biru dan merah yang cukup mempesona. Tidak seperti Yaris buatan Indonesia yang terlihat gendut, Yaris buatan Jepang ini lebih kecil, terutama kabin penumpang belakangnya. Joknya juga khas Jepang, dari kain dengan corak coklat.

Baca Juga: Apa Itu Hyperlaxity? Posisi Duduk Jokowi yang Viral

Melihat dasbornya, Toyota memasang heads up display (HUD) agar pengendara tidak terlalu menunduk ke dasbor saat melihat kecepatan kendaraan. Informasi mengenai kecepatan kendaraan akan diproyeksikan ke kaca depan. Bagian belakang juga mengalami perubahan, lampu belakangnya mirip huruf J. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply