Ini Alasan Memilih dan Memasang Dashcam Mobil

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Di banyak negara di dunia, dashcam jadi gadget penting para pengendara. Bahkan alat ini jadi aksesoris standar di mobil polisi, bus, taksi, atau instruktur mengemudi. Dashcam kini umum dipakai pengendara mobil di Indonesia.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum memasang ‘cctv mobil’ tersebut. Namun kini dashcam sudah sangat umum dipakai khalayak banyak. Fenomena yang juga terjadi di Indonesia. Tugas utama dashcam adalah merekam, secara mendetil, apa yang terjadi di jalan sepanjang kamu melakukan perjalanan. Saat ini dashcam tersedia dalam ratusan tipe, jenis, dan merek. Ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih dan memasang dashcam. Pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui dulu jenis dashcam apa yang dibutuhkan. Pilih dashcam yang bisa bertahan dalam suhu tinggi dan memiliki mode malam. Ini penting karena beberapa dashcam menghasilkan rekaman gambar yang buruk saat jalanan mulai gelap.

Pastikan dashcam bisa berjalan dengan baik di setiap keadaan jalan. Dalam siang hari kalau pas suhu tinggi merekam dengan baik. Dalam malam hari kameranya tetap bagus. Dashcam yang bagus juga biasanya memiliki baterai cadangan. Pilih pula memori penyimpanan yang lega. Biasanya dashcam ini memiliki durabilitas yang baik, seperti blackbox pada pesawat.

Dan pastikan dia memakai baterai backup super kapasitor trus cari yang memorinya nggak gampang eror. Artinya dari semua tips cari blackbox dashcam yang bisa dipercaya. Untuk pemasangan biasanya dashcam jenis blackbox berada di belakang kaca spion tengah dalam kabin. Untuk sumber energinya menggunakan port lighter yang berada di konsol mobil.

Rudy mengatakan pemasangan ini tidak mengganggu instalasi kelistrikan mobil karena hanya menggunakan satu sumber listrik yang sudah ada. Selain itu adapula dashcam yang dilengkapi layar. Kelemahannya dashcam seperti ini akan mengganggu pandangan pengemudi, karena dashcam ini juga dipasang di bawah kaca spion tengan dalam mobil. Pemasangan biasanya di pasaran ada dua tipe.

Baca Juga: Piala Oscar Pertama Barack Obama Berkat American Factory

Pertama pakai LCD, Blackvue nggak ada LCD untuk rekaman langsung ke HP. Itu ada alasannya kalau pakai LCD penempatannya di bagian kaca mobil tengah, akibatnya terjadi blankspot. Kalau Blackvue nggak pakai LCD di belakang kaca spion tengah. Jadi aman nggak menghalangi pandangan orang dan kabelnya diselipin dan dicolok ke cigarete lighter. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply