Kenali Masalah AC Mobil Bunyi Berdecit Saat Dinyalakan

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Air conditioner (AC) atau pendingin udara menjadi fitur dalam kendaran yang tak pernah absen digunakan pengendara di sejumlah kota yang terkenal panas termasuk Jakarta. Apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau yang hampir setiap hari suhnya lebih dari 32 derajat Celcius. Air Conditioner (AC) adalah salah satu fitur penting pada mobil.

Tapi, di saat menyalakan AC dan ternyata hembusan anginnya kurang dingin atau hanya terasa angin saja, tentu membuat berkendara jadi tidak nyaman. Kalau kamu mengalami hal tersebut, berarti ada yang salah dengan kondisi AC mobil kamu yang harus kamu periksa, yang membuat AC mobil tidak bisa bekerja secara optimal saat difungsikan. Jika tidak ingin momen perjalanan terganggu, AC mobil juga perlu perawatan rutin. Salah satu penyebab mendasar yang sering menjadi pemicu AC tidak dingin adalah freon yang habis atau kurang. Pada dasarnya, kata Agus, freon tidak akan habis kalau tidak ada kebocoran pada sistemnya. Penyebab bocornya bisa beragam, bisa karena beberapa komponen karet yang getas karena sudah lama atau ada yang tidak beres pada valve kompresornya. AC mobil yang mengeluarkan suara berdecit saat dinyalakan tentu ada bagian AC mobil yang tidak normal.

Bunyi berdecit yang tiba-tiba muncul saat AC mobil dinyalakan penyebab umum adalah V-Belt AC yang kemungkinan kendur atau aus karena usia pakai. Cek bagian tersebut dan pastikan juga tensionernya dalam kondisi baik. Suara berdecit bisa disebabkan dari pulley kompresor AC. Periksa juga jeroan kompresor AC untuk memastikan semua dalam kondisi baik.

Pastikan kompresor AC tidak mengalami kebocoran. Bagian ini bisa saja rusak apabila ada kebocoran freon, namun pemiliknya tidak mengecek lebih lanjut atau kemudian hanya ditambahkan freon tanpa menambah oli kompresor atau mengganti oli kompresor dengan oli yang baru.

Baca Juga: Sosok Tiga Oknum Anggota TNI Yang Terlibat Perusakan Polsek Ciracas

Untuk diingat bagi pemilik mobil yang mulai merasakan AC mobil tidak mampu menyejukkan udara dalam kabin sebaiknya mobil perlu dibawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan menyeluruh. Jangan anggap sepele freon yang bocor, sebab ada oli kompresor yang berkurang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply