Keren, Mobil Safety Car Terbaru F1 dari Aston Martin

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Kesuksesan Aston Martin sebagai produsen mobil mewah berawal dari tahun 1913. Pada tahun itu, Aston Martin berdiri, dan pendirinya adalah Lionel Martin dan Robert Bamford. Awalnya Aston Martin membuat mobil untuk keperluan perang dunia ke satu dan pernah membuat mobil balap pada tahun 1922 untuk mengikuti ajang French Grand Prix.

Mobil balap Aston Martin sangat sukses dan berhasil memecahkan rekor dunia untuk kecepatan dan ketahanan di sirkuit Brooklands. Ajang balap mobil bergengsi Formula 1 (F1) memamerkan safety car terbarunya. Setelah selama ini didominasi Mercedes, pada musim 2021 Aston Martin ambil bagian sebagai pemasok safety car dan penyedia kendaraan tim medis. Aston Martin yang dijadikan safety car F1 adalah seri Vantage. Sementara untuk dijadikan mobil tim medis dipilih SUV Aston Martin DBX. Baik mobil safety car dan tim medis, keduanya menggunakan warna myrtle green atau hijau murad. Kedua mobil tersebut mengenakan warna yang sama dengan tim balap Aston Martin Cognizat yang berkompetisi di ajang F1 musim ini. Kedua mobil tersebut juga dipadukan oleh aksen garis berwarna hijau lime yang berada di bodi mobil serta bagian spoiler.

Tentunya ada beberapa perubahan dari mobil safety car dan tim medis tersebut seperti bilah lampu LED pada atap, logo FIA F1, serta peningkatan pada sasis dan tingkat aerodinamis. Membahas soal dapur pacu, keduanya ditenagai oleh mesin V8 dari Mercedes-AMG M177 V8 twin-turbocharged. Untuk mobil safety car Vantage mendapat tambahan 24 tenaga kuda, hingga menghasilkan tenaga sebesar 528 horse power dengan torsi 505 lb-ft.

Kedua mobil Aston Martin tersebut akan melakukan debutnya saat tes pramusim F1 selama tiga hari di Bahrain pada 12-14 Maret 2021. Mereka akan menjalankan tugasnya pertama kali pada seri perdana F1 di Bahrain yang berlangsung pada 28 Maret. Sebelumnya Formula 1 telah menggunakan mobil safety car besutan Mercedes-Benz. Produsen asal Jerman tersebut telah bekerja sama dengan F1 sejak musim balap 1996.

Baca Juga: Benarkah Covid-19 Jadi Endemik, Bedanya Dengan Pandemi?

Mobil safety car terakhir yang digunakan pada ajang F1 ialah Mercedes-AMG GT R yang dipakai sejak 2018. Mobil tersebut melanjutkan tugas dari seri AMG GT S yang digunakan pada ajang F1 dari 2015 hingga 2017. Hal ini juga merupakan yang pertama dalam sejarah F1 di mana produsen Inggris menyuplai mobil safety car dan tim medis balapan secara resmi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply