Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Apes

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Mobil bekas atau mobil second banyak dicari orang karena lebih ramah di kantong, khususnya bagi mereka dengan anggaran terbatas tapi ingin segera punya kendaraan pribadi. Membeli mobil bekas harus teliti dan tak sembarangan.

Meski lebih murah ketimbang harga mobil baru, namun ada sejumlah pertimbangan dan tips membeli mobil bekas agar tidak apes. Selain harga yang lebih murah, mobil bekas juga dapat langsung dipakai. Pajaknya pun lebih ringan, bergantung pada tahun produksi mobil. Bagi Anda yang mantap ingin membeli mobil bekas, ketahui dulu seluk-beluk mobil yang akan dibeli. Pasalnya, kondisi mobil bekas tergantung perawatan yang dilakukan pemilik mobil sebelumnya, sehingga Anda perlu berhati-hati agar tidak merugi dan merasa tertipu setelah membeli. Anda tentu tidak ingin mengeluarkan biaya ekstra untuk perbaikan dan perawatan besar karena salah memilih mobil yang tak layak pakai.

Berikut tips membeli mobil bekas.

1. Beli mobil bekas sesuai anggaran
Pilih merek dan jenis mobil sesuai dengan budget yang Anda miliki. Tahan diri dan jangan tergiur membeli mobil bekas di luar batas kemampuan. Tujuannya agar tidak membebani keuangan Anda di kemudian hari karena harus membayar cicilan mobil jika membeli mobil bekas secara kredit.

2. Tentukan transmisi mobil
Secara umum produsen mobil kini lebih banyak menggunakan transmisi otomatis. Mobil dengan transmisi otomatis dinilai lebih mudah dan praktis dikendarai. Meski begitu, tetap sesuaikan dengan kemampuan Anda berkendara.

3. Periksa catatan servis mobil
Mobil yang secara berkala diservis tentu memiliki performa dan kondisi yang jauh lebih baik. Tentu beruntung jika mendapatkan mobil second yang terawat dengan baik.

4. Periksa interior dan eksterior mobil
Langkah selanjutnya dari cara membeli mobil bekas adalah dengan memeriksa bagian interior dan eksterior mobil. Pada bagian interior, periksa AC mobil terlebih dahulu. Periksa apakah AC terasa dingin, semburan anginnya kencang, apakah air AC bocor di bagian bawah dashboard.

5. Periksa kelengkapan dokumen
Pemeriksaan dokumen juga menjadi penting karena berkaitan dengan status kepemilikan. Anda tentu tidak ingin mobil yang dibeli menjadi masalah, misalnya bekas curian. Tanyakan kepada pemilik kendaraan soal STNK, BPKB, dan pajak kendaraan.

Baca Juga: Daftar Pekerjaan Sampingan Untuk Karyawan Tanpa Modal

6. Test drive
Test drive menjadi langkah terakhir tips membeli mobil bekas. Test drive hal terpenting setelah pemeriksaan mesin. Pada tahap ini, Anda dapat menilai kinerja mesin. Mobil yang mesinnya terawat dengan baik akan terasa mulus saat berjalan. Mobil juga tidak kehilangan tenaga saat jalan menanjak maupun menyalip. Selain itu, pastikan balancing ban mobil terjaga dengan baik. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply