Cara Mudah Lepas Baut yang Sudah Dol dan Karatan

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Baut rusak kadang jadi masalah kompleks bagi orang awam kala ingin membongkar kendaraan. Baut dol atau karatan sangat sulit dibuka membuat sebagian orang putus asa. Pilihannya memotong yang konsekuensinya merusak baut pada mobil. Kendala ini memang cukup menyulitkan sehingga membuka baut tak cukup hanya bermodalkan satu alat. Penyebab baut rusak atau dol ini bisa karena berbagai hal mulai kualitas baut, usia, maupun kesalahan saat pemasangan.

Berikut cara membuka baut yang sudah rusak.

1. Pakailah kunci ring yang mempunyai penampang berbentuk segi enam dan jangan menggunakan kunci bergerigi.
2. Pasang kunci pada baut yang sudah dol tersebut kemudian pukul beberapa kali menggunakan martil. Pemukulan ini dilakukan untuk membuat lubang kunci bisa melesat masuk dan mencengkeram baut.
3. Untuk baut yang sudah terlalu keras, Anda bisa memukul tepat pada kepala baut agar membantu kunci ring dan bisa mencengkeram baut.

4. Gerakkan kuncinya ke arah yang berlawanan dengan jarum jam. Berikan tekanan perlahan supaya baut bisa ikut berputar.
5. Jika sudah berhasil memutar posisi baut sedikit demi sedikit, artinya trik ini berhasil dan Anda bisa melanjutkan sampai dengan bautnya terlepas.

Selain cara membuka baut yang dol, cara membuka baut yang sudah karatan juga penting untuk diketahui, karena baut yang karatan memiliki tekstur yang sudah tidak kuat dan pastinya sulit dibuka.

Berikut cara membuka baut berkarat:

1. Apabila kondisi baut karatan ini kotor, kita bisa membersihkan permukaannya dengan sikat terlebih dahulu.
2. Oleskan minyak rem pada bagian kepala baut. Kemudian sedikit demi sedikit, oleskan minyak rem ke bagian tubuh baut lewat celah-celahnya.
3. Setelah diolesi, biarkan beberapa saat agar minyak rem bisa meresap. Biasanya membutuhkan waktu 15-30 menit, cek secara berkala.

Baca Juga: Harga Spesifikasi All New Toyota Avanza-Veloz Meluncur Pekan Depan

4. Setelah meresap, coba lepaskan mur dan baut menggunakan kunci yang sesuai. Lepas dengan menggerakkan secara bolak-balik dengan sedikit hentakan.
5. Hati-hati saat memutar kunci agar tidak menyebabkan baut menjadi gundul dan lebih susah dilepas. Jika bautnya sudah bisa berputar, maka kita hanya perlu memutarnya secara perlahan sampai baut benar-benar lepas. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply