Tips Menggunakan Sabuk Pengaman Mobil Dengan Benar, Kecelakaan Vanessa Angel

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Penggunaan sabuk pengaman atau seat belt pada pengemudi ataupun penumpang adalah praktik wajib yang harus dilakukan demi keselamatan diri. Hingga saat ini, masih banyak ditemui pengendara maupun penumpang yang masih tidak menggunakan sabuk pengaman dengan tepat.

Penggunaan seat belt yang tepat tentu akan membantu melindungi Anda dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Seperti yang terjadi pada kecelakaan Vanessa Angel yang baru saja terjadi beberapa saat yang lalu. Penggunaan safety belt atau sabuk pengaman wajib digunakan oleh para pengemudi untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan saat berkendara. Seperti halnya kecelakaan lalu lintas yang dapat membuat pengemudi dan penumpang bergeser tempat duduk dari posisi sebelumnya. Peranan safety belt sangat penting untuk keamanan dan keselamatan pengemudi maupun penumpang saat berada di dalam mobil.

Berikut beberapa cara yang tepat menggunakan sabuk pengaman.

1. Gunakan Sabuk Bagian Atas Dengan Benar
Banyak orang yang tidak nyaman jika menggunakan sabuk pada bagian atas, hal ini kemungkinan karena lingkar perut yang besar atau faktor sesak di bagian dada. Perlu diketahui hal tersebut akan membuat kemampuan safety belt untuk melindungi keselamatan pengemudi dan penumpang akan semakin menurun. Sabuk tersebut dirancang untuk memberikan kekuatan pada area tubuh Anda, dan jika Anda tidak menempatkan tali ini pada bagian tubuh Anda dengan benar, kekuatan untuk melindungi diri Anda tidaklah mungkin terjadi.

2. Atur Posisi Duduk Dengan Benar
Sebaiknya duduklah dalam posisi yang tegak, sejajarkan punggung dengan sandaran di kursi Anda. Hindari untuk menurunkan posisi kursi lebih dari yang Anda butuhkan.
Jangan menurunkan sandaran secara berlebihan, ketika terjadi suatu kecelakaan maka sabuk tersebut bisa saja melewati pinggang dan menahan perut Anda sehingga dapat menyebabkan cedera yang lebih serius.

3. Atur Tali Sabuk Bagian Bawah
Pastikan tali pada bagian bawah safety belt atau sabuk pengaman Anda berada di atas sekitar pinggang. Sabuk pengaman didesain untuk memberikan kekuatan pada panggul agar tubuh Anda tidak terlempar jauh ketika terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Tragis! Vanessa Angel Terlempar dari Mobil, Diduga Tak Pakai Sabuk Pengaman

4. Pastikan Sabuk Pengaman Anda Terkunci Dengan Benar
Kencangkan sabuk pengaman hingga terdengar suara ‘klik’ ketika sedang menguncinya. Uji kepastian dari sabuk Anda dengan cara menariknya sesekali. Jika sabuk tersebut tidak terlepas dari slot kunci, itu berarti sabuk pengaman dapat digunakan dengan aman. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa sabuk pengaman benar-benar telah terkunci dan dapat membantu melindungi Anda selama perjalanan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply