Upaya Facebook Mulai Tandai Berita Yang Diragukan Kebenarannya

0
U CumaBerita.com, Jakarta. Selama ini Facebook sering menerima kritik untuk urusan pemberitaan. Beberapa saat yang lalu, tepatnya pasca Pemilihan Presiden AS, Facebook kembali dicerca. Facebook dituduh berkontribusi memenangkan Donald Trump. Karena ada berita palsu yang jadi viral di Facebook dan menguntungkan Trump. Facebook memang masih belum bisa memberantas berita palsu di News Feed layanannya.

Namun mereka telah mengambil tindakan dengan memberi peringatan pada setiap berita yang belum jelas kebenarannya. Bentuk peringatan tersebut berupa sebuah penanda bertuliskan disputed atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai dapat diperdebatkan. Berita yang mendapat tanda ini berarti kebenaran informasi di dalamnya masih perlu dilakukan pengecekan ulang.

Selain mulai memasang tanda disputed pada artikel yang mengandung informasi palsu, Facebook juga mengungkap tata cara pemasangan tanda tersebut. Singkatnya tata cara tersebut terdiri dari tiga bagian. Sebelum memberi tanda peringatan, pertama, Facebook akan terlebih dulu memindai laporan pengguna mengenai berita terkait atau menggunakan sistem buatannya untuk mencari tahu keanehan dalam kandungan berita.

Baca Juga: Video Skor Barcelona vs PSG 6-1 Potret Kemenangan Spektakuler Barcelona

Kedua Facebook akan mengirim berita yang dinilai aneh itu ke organisasi pencari fakta yang menjadi rekan mereka. Contohnya adalah organisasi bernama Snopes atau Politifact. Ketiga, jika kedua metode pencarian fakta di atas berhasil menemukan kepalsuan informasi dalam berita, Facebook akan langsung memasang label disputed. Jika tidak menemukan kepalsuan, berita akan tampil seperti biasa. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply