Cara Kerja Ransomware Menginfeksi Komputer

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Dalam upayanya menginfeksi komputer korban, pembuat ransomware memanfaatkan teknik social engineering, yakni menipu pengguna dengan cara tertentu sehingga terjebak mengunduh program jahat. Program jahat (malware) jenis ransomware yang menyandera atau mengunci data di komputer pengguna dan meminta uang tebusan, semakin banyak beredar.

Ransomware utamanya beredar melalui e-mail tipuan (phising) bermuatan script yang bisa mengunduh file dari server milik penjahat cyber begitu diklik. Sebanyak 90 persen memakai Javascript (JS) karena format .exe (aplikasi Windows) sudah banyak diblokir oleh penyedia layanan e-mail. Supaya meyakinkan, e-mail phising yang dikirim pembuat ransomware biasanya disamarkan seolah datang dari pihak resmi seperti bank atau penyedia kartu kredit.

Bisa juga dengan iming-iming bahwa penerima telah memenangkan hadiah. Begitu tautan dalam e-mail di-klik, komputer secara otomatis akan mengunduh ransomware dan menghubungi server command and control milik hacker yang bersangkutan. Data pengguna pun tersandera. Selain script seperti Java dan VBS.

Pembuat ransomware belakangan kerap memanfaatkan fitur Macro di software Microsoft Office untuk menyusupkan program jahat buatannya. Karena itu sebaiknya matikan fitur Macro di Office kalau sedang tidak dipakai. Ada juga ransomware yang mendompleng aplikasi tune-up PC. Aplikasi jenis ini biasanya banyak bertebaran di jagat maya dan menjanjikan peningkatan performa untuk komputer pengguna.

Baca Juga: Skor Las Palmas vs Barcelona 1-4 Hasil Liga Spanyol 2017 Neymar Hattrick

Situs web yang keamanannya lemah pun rentan dijadikan “inang” oleh ransomware untuk menginfeksi komputer pengunjung. Biasanya kemudian ransomware mencari celah di komputer pengguna misalnya vulnerability di software Adobe Flash untuk menginjeksikan diri. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply