Kominfo Berikan Panduan Lengkap Cegah Ransomware WannaCry

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengambil tindakan cepat dengan merangkul tim yang terdiri dari NGO, Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII), ICT Watch, dan lembaga terkait lainnya. Mereka bersama-sama mencari solusi atas insiden yang bisa dibilang sebagai bahaya terorisme cyber.

Dunia maya dihebohkan dengan kemunculan ransomware berjenis WannaCry yang menyebar sejak Jumat 12 Mei 2017. Program jahat itu telah berekspansi ke sekitar 100 negara, termasuk Indonesia. Pengguna bisa melakukan langkah pencegahan yang umum diterapkan untuk menghalau malware pada umumnya. Pengguna dianjurkan memasang software antivirus dan anti-malware terpercaya di komputer.

Dan senantiasa memperbarui database signature agar mampu menangkap virus ransomware terbaru. Software lain seperti sistem operasi Windows juga mutlak dimutakhirkan setiap ada kesempatan. Ini karena pembuat software biasanya akan menyalurkan patch secara reguler untuk menambal celah keamanan yang ada di produknya.

Pengguna sendiri mesti waspada agar tidak terjebak pancingan social engineering. Misalnya dengan tidak membuka e-mail yang mencurigakan atau mengunjungi website yang identitasnya tidak jelas. Jangan lupa pula untuk menonaktifkan Macro di Office apabila tidak dipakai seperti tersebut di atas.

Baca Juga: Foto Adjie Pangestu Resmi Menikah Dengan Novita Petria

Satu lagi langkah dasar yang sangat penting adalah biasakan backup data, karena tidak ada software antivirus atau anti-malware yang benar-benar bisa menjamin keamanan pengguna seratus persen. Apabila memiliki backup di cloud storage atau media macam harddisk eksternal, maka pengguna setidaknya akan memiliki cadangan apabila data di komputer utama terserang ransomware. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply