Cara Mudah Menangkal Serangan Virus Ransomware WannaCry

0
C CumaBerita.com, Jakarta. WannaCry tak pandang bulu dalam menyerang korban. Sejumlah rumah sakit di Indonesia dibuat kesulitan memberikan layanan medis karena komputernya dikunci oleh ransomware. Hanya dalam waktu kurang dari dua hari ransomware sudah menyebar ke 99 negara dan menginfeksi puluhan ribu, kalau bukan ratusan ribu sistem komputer.

Begitu berhasil masuk ke satu komputer di sebuah lingkungan kantor yang terhubung dalam jaringan LAN, worm dalam WannaCry secara otomatis akan mencari sendiri komputer lain di network yang rentan untuk diinfeksi. Bagaimana cara mencegah agar jangan sampai menjadi korban. Pengguna tidak langsung menyalakan dan menyambungkan komputer ke LAN atau internet.

Sebelumnya pengguna diimbau agar terlebih dahulu mem-backup data penting dan melakukan update Windows. Ini karena celah keamanan yang dieksploitasi oleh WannaCry sebenarnya sudah ditambal melalui patch sekuriti Windows oleh Microsoft pada Maret 2017 namun belum semua komputer memasang update tersebut. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah merumuskan langkah pencegahan infeksi ransomware WannaCry.

Cabut sambungan LAN dan matikan Wi-Fi komputer untuk mencegah infeksi. Update sekuriti Windows dengan memasang patch MS17-010 yang dapat diperoleh di tautan berikut. Pengguna Windows XP disarankan agar mengganti sistem operasi ke versi yang lebih baru karena OS lawas ini sudah tidak mendapat dukungan patch sekuriti dari Microsoft.

Baca Juga: Mirip Lionel Messi Pria Ini Diburu Fans Dan Diamankan Polisi

Jangan mengaktifkan fungsi macros, non aktifkan fungsi SMB v1 dan blokir port 139/445 dan 3389. Perbarui software anti-virus dan anti-ransomware. Selalu backup file penting di komputer dan simpan di tempat lain, jika memungkinkan di storage yang tidak terhubung ke jaringan atau internet. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply