Foto Profil Oskar Fischinger Jadi Google Doodle Hari Ini

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Oskar Wilhelm Fischinger adalah seorang animator abstrak, pembuat film, dan pelukis berdarah Jerman-Amerika asal Gelnhausen, Jerman. Ia dikenal karena karyanya di bidang animasi musik abstrak beberapa dekade sebelum munculnya komputer grafis dan video musik yang lazim digunakan saat ini.

Salah satunya, Fischinger terlibat dalam karya efek khusus dalam film panjang Woman in the Moon karya Fritz Lang yang tayang pada tahun 1929, salah satu film fiksi ilmiah bertema luar angkasa yang diproduksi pada zamannya. Pada hari Kamis 22 Juni 2017, mesin pencari Google dihiasi doodle yang memperlihatkan karya seni abstrak.

Jika diklik akan dibawa ke sebuah permainan membuat komposisi musik sederhana, lengkap dengan visual yang menarik berdasarkan musik buatan itu. Kutipan itu diucapkan oleh Oskar Fischinger yang karyanya menjadi inspirasi dari desain Google Doodle hari ini.

Ilustrasi dan permainan yang menjadi doodle itu merupakan cara Google untuk merayakan hari ulang tahun ke-117 dari Oskar Fischinger. Namanya menjadi terkenal di kalangan seni karena membuat animasi musikal abstrak beberapa dekade sebelum kemunculan komputer grafis dan video musik.

Baca Juga: Harga Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 Sambangi India

Oskar Fischinger sendiri terpaksa meninggalkan Jerman pada tahun 1936. Pasalnya, ia tidak bisa mengejar pekerjaan sebagai pembuat film kala itu di negara tersebut. Akan tetapi, para pegiat film di Hollywood mampu menghargai karyanya. Oleh karena itulah, Oskar Fischinger akhirnya pindah ke AS, tepatnya di Los Angeles setelah perang usai. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply