Spesifikasi Kamera Android Nokia Bakal Diperkuat Lensa Carl Zeiss

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya Xiaomi mengumumkan chipset buatannya bernama Surge S1 pada awal tahun ini. Chipset itu berisi prosesor octa-core yang terdiri dari empat inti Cortex-A53 dengan kecepatan 2.2 GHz dan empat inti Cortex-A53 dengan kecepatan 1.4 GHz. Prosesor itu dipasangkan dengan unit grafis MP4 Mali-T680. Dari spesifikasinya, Surge S1 bisa dibilang menyasar perangkat kelas menengah ke atas alias upper mid-range.

HMD Global yang kini memegang hak lisensi ponsel Nokia tertarik menggunakan Surge S1 untuk lini Nokia berikutnya. Chipset Surge S1 bukan untuk ponsel flagship, namun bukan juga untuk menengah ke bawah. HMD Global diduga kuat tengah mempersiapkan lini menengah ke atas yang baru dan mengandalkan Surge S1. Nama Carl Zeiss di dunia smartphone identik dengan Nokia.

Kedua perusahaan memang menjalin kerja sama selama bertahun-tahun untuk membuat modul kamera di ponsel Nokia. Namun kerja sama keduanya terhenti semenjak Nokia menjual divisi ponselnya ke Microsoft pada 2014. Belakangan, kedua perusahaan mengumumkan bakal kembali berkolaborasi soal urusan kamera ponsel.

Nokia kali ini diwakili oleh HMD Global, perusahaan Finlandia yang memegang lisensi utnuk memproduksi ponsel Nokia. Bersama Zeiss, di tahun-tahun terakhir sebelum melego bisnis ponselnya ke Microsoft, Nokia sempat menelurkan sejumlah produk dengan fitur kamera yang inovatif.

Baca Juga: Kirana Larasati Resmi Bercerai Siap Jadi Single Parent

Misalnya saja, ponsel berkamera 41 megapiksel Nokia PureView 808 yang dilanjutkan dengan Lumia 1020. Zeiss sendiri dikenal sebagai pabrikan lensa dengan reputasi mentereng di dunia kamera. Namun, kalaupun kembali berkolaborasi, Nokia dan Zeiss menghadapi tantangan berat karena para rivalnya sudah melakukan berbagai inovasi di sektor ini, seperti misalnya fitur kamera ganda. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply