Sosok Marshall McLuhan Google Doodle Hari Ini Si Peramal Internet

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Marshall McLuhan dikenal sebagai tokoh teori komunikasi dan kritikus asal Kanada. Marshall McLuhan lahir di Edmonton, Kanada, 21 Juli 1911. Google Doodle hari ini merayakan hari kelahiran Marshall McLuhan ke-106. Teori Marshall McLuhan yang paling terkenal adalah global village dan medium is the message.

Di atas itu semua, Marshall McLuhan terkenal dengan ramalannya yang memprediksi soal era world wide web (WWW) alias jaringan luas dunia, 30 tahun sebelum Internet ditemukan. Inilah yang menjadi awal mula lahirnya Internet. WWW juga dipakai di dalam alamat sebuah laman dunia maya. Saat masuk ke ke laman Google, kita disuguhkan dengan kotak-kotak simbol komunikasi.

Mulai dari suara, api, ikon industri, tulisan, hingga layar televisi yang menampilkan wajah Marshall McLuhan sendiri. Simbol-simbol tersebut merupakan tahapan lahirnya Internet. Menurut Marshall McLuhan, global village merupakan rangkaian empat periode. Yakni, akustik, literatur, produksi massal, dan elektronik.

Teori tersebut tertuan dalam buku The Gutenberg Galaxy: The Making of Typographic Man (1962), yang terbit pada tahun saat era televisi baru berjaya. Marshall McLuhan menjelaskan, dalam buku tersebut masyarakat tidak hanya terpengaruh oleh konten dari media. Melainkan juga terbentuk oleh karakteristik media itu sendiri.

Baca Juga: Foto Oza Moza PNS Cantik Dianggap Mirip Maria Ozawa Jadi Sorotan

Marshall McLuhan meninggal pada 31 Desember 1980 pada umur 69 tahun. Sangat langka bagi seorang akademisi mencapai puncak popularitasnya karena melakukan hal di luar bidangnya. Herbert Marshall McLuhan telah meramalkan adanya internet bahkan sejak 35 tahun sebelum internet booming seperti sekarang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply