Mengenal James Wong Howe Perkenalkan Pencahayaan Sinema Hitam Putih

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Hari ini, Senin 28 Agustus 2017 halaman utama mesin pencari Google menampilkan ilustrasi hitam putih seorang pria bernama James Wong Howe. James Wong Howe memulai karirnya dalam industri film dengan nama James Howe di sebuah rumah produksi Famous Players-Lasky, yang kemudian berganti jadi Paramount pada tahun 1917.

Bekerja untuk sepuluh dolar seminggu di departemen kamera, James Wong Howe menyapu lantai, membersihkan dan membawa peralatan, dan membawa kamera. Tugas pertamanya mengoperasikan kamera dimulai di film Cecil B. DeMille berjudul Male and Female(1919) untuk sebuah adegan yang menampilkan tokoh Gloria Swanson di sebuah sarang singa. Ia mengambil tayangan itu dalam sekali tangkapan menggunakan pengaturan lima kamera yang tidak biasa.

DeMille memperhatikan Howe dan mempromosikannya sebagai asisten kameramen. Sejak saat itu, James Wong Howe magang sebagai asisten operator kamera dan secara bersamaan belajar seluk-beluk pencahayaan, lensa, stok film, dan kamera. Permulaan karier Howe dimulai secara tidak sengaja pada tahun 1923 saat ia menjadi asisten kamera untuk film Drums of Fate.

Untuk melengkapi pendapatan studio sederhananya, Howe telah memperoleh kamera yang bisa dia gunakan berjam-jam untuk memotret publisitas para dan menjual pada mereka foto-foto cetakan tersebut. Sepanjang karirnya, James Wong Howe menggunakan teknik pencahayaan, framing, dan kamera dengan pergerakan minimal sebagai ekspresi emosi. Tanpa sengaja dia menemukan cara memasukkan nuansa warna dalam film hitam putih.

Baca Juga: Tontowi dan Liliyana Juara Ganda Campuran Hasil Final BWC 2017

Selain itu, James Wong Howe terkenal sebagai pionir pemakaian lensa bersudut pandang lebar (wide angle), pencahayaan low key dan pencahayaan berwarna. Pria ini juga yang kemudian dikenal sebagai orang pertama yang memakai crab dolly, yakni dudukan kamera dengan empat penyangga untuk memuluskan pergerakan horizontal saat merekam gambar. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply