Alasan Game Fight of Gods Diblokir Kominfo & MUI

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya game Fight of Gods telah menarik perhatian karena kontreversi yang ditimbulkannya. Game dengan genre RPG (Role Playing Game) ini dinilai membawa dampak negatif dan segera diblokir Kominfo. Tak hanya itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menilai game Fight of Gods tidak layak karena melecehkan agama.

Game tersebut sedang menjadi kontroversi di sejumlah negara, salah satunya adalah Malaysia yang langsung memblokir Steam, begitu mengetahui adanya permainan tersebut. Alasan pemblokiran tersebut adalah permainan Fight of Gods dianggap melecehkan berbagai agama, karena menampilkan pertarungan dengan tokoh religius, seperti Zeus, Anubis, Buddha, dan Yesus.

Indonesia tak kalah cepat dalam memblokir game Fight of Gods. Kementerian Kominfo mengatakan telah mengajukan surat pemblokiran agar game Fight of Gods tidak bisa diakses oleh pengguna Steam di Indonesia.

Jika Steam tidak memenuhi permintaan Kemenkominfo, maka pihaknya akan memblokir distributor channel Steam di Indonesia. Selain Malaysia dan Indonesia, pemblokiran game Fight of Gods juga telah terjadi di Thailand. Pemerintah Negeri Gajah Putih itu meminta agar Steam menarik permainan itu dari peredaran. Fight of Gods merupakan game yang dibuat oleh pengembang independen, PQube.

Baca Juga: Inilah Keutamaan Puasa Sunah di Bulan Muharram

Fight of Gods merupakan game aksi pertarungan layaknya Street Fighter atau Tekken, namun tokohnya menggunakan simbol dari berbagai agama. Pemblokiran Fight of Gods oleh Kominfo ini dinilai tepat untuk menghindari terjadinya gesekan SARA yang dipicu oleh game tersebut. MUI juga angkat bicara dan mengatakan bahwa game Fight of Gods tidak layak. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply