Inilah Profil Olaudah Equiano yang Jadi Google Doodle Hari Ini

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Saat ini Google sedang memperingati jasa Olaudah Equiano yang juga dikenal dengan julukan Gustavus Vassa. Olaudah Equiano adalah aktivis yang melawan perbudakan di Britania Raya pada abad ke-18. Google Doodle hari ini, Senin 16 Oktober 2017 memperlihatkan ilustrasi seorang pria berkulit hitam yang sedang menulis. Latarnya dibubuhi tali tambang dan kapal.

Untuk doodle hari ini, Google juga ingin merayakan ulang tahun Olaudah Equiano yang ke-272. Olaudah Equiano sendiri merupakan seorang budak yang kemudian dibebaskan pada 1766. Pria berdarah Afrika tersebut aktif melontarkan perlawanannya lewat tulisan. Pada 1789, Olaudah Equiano mempublikasikan otobiografi tentang kehidupannya selama menjadi budak.

Otobiografi itu memperkuat dukungan terhadap Undang-undang Perdagangan Budak yang disahkan pada 1807. Setelah dasar hukum ditetapkan, era perbudakan di Britania Raya dan negara koloninya berakhir. Manusia tak lagi diperjual-belikan. Jasa Olaudah Equiano terus dikenang hingga sekarang. Otobiografinya menjadi mahakarya yang dianggap sebagai permulaan sastra Afrika modern.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Juara di Grand Prix Jepang Marc Marquez Minta Maaf Main Nakal

Di sisa hidupnya, Olaudah Equiano berkelana sebagai pelaut, pedagang dan penjelajah di sepanjang Karibia, Arktik, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Britania Raya hingga tempat berlabuhnya adalah London. Di sana Olaudah Equiano menikahi perempuan Inggris bernama Susannah Cullen dan dikaruniai dua anak. Olaudah Equiano meninggal pada 1979 di London, tetapi makamnya tak teridentifikasi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply