Trik Mudah Jika Selalu Gagal Registrasi Ulang Kartu Prabayar

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Saat ini, Selasa 31 Oktober 2017 pelanggan kartu prabayar sudah bisa melakukan registrasi kartu prabayar. Pelanggan juga sudah memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Data kependudukan itu dikirim melalui SMS ke 4444. Lalu muncul SMS balasan dari 4444 yang menyatakan Maaf, data yang Anda masukkan salah. Mohon cek data diri Anda dan lakukan kembali proses registrasi. Kenapa gagal?

Plt Kabiro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengatakan, ada beberapa penyebab cara registrasi kartu prabayar gagal. Pertama, cara registrasi dengan mengirim nomor NIK dan nomor KK harus dipastikan sesuai dengan yang ada di KTP dan KK. Jika tidak sesuai maka registrasi ulang gagal sehingga kartu prabayar belum bisa tervalidasi. Baik pelanggan lama maupun pelanggan baru dari semua operator seluler diwajibkan melakukan registrasi kartu SIM prabayar, namun caranya sedikit berbeda.

Untuk pelanggan lama semua operator (Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Smartfren) pelanggan cukup mengikrimkan pesan SMS ke nomor 4444 dengan format: ULANG# (16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)#. Bagi pelanggan baru Telkomsel, registrasi dilakukan dengan mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format: REG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)#.

Pelanggan baru XL Axiata bisa melakukan registrasi dengan mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format: DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)#. Terakhir, untuk pelanggan baru Indosat, Tri, dan Smartfren, format SMS yang dikirim ke 4444 untuk registrasi adalah: (16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)#.

Baca Juga: Video Sharla Bershalawat Didepan Agnez Mo Melongo The Voice Kids Indonesia

Selain di KTP, NIK alias Nomor Induk Kependudukan juga tercantum di KK, di samping kolom nama anggota keluarga. Sementara, nomor KK tertulis dengan ukuran besar di bawah tulisan Kartu Penduduk di bagian atas KK. Pelanggan juga tidak perlu menyebutkan nama ibu kandung ketika registrasi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply