Kerumitan Matematika Pi Day, Peringati Diakuinya Konstanta 3,14 Google Doodle Hari Ini

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Pi Day dirayakan setiap tahun setiap 14 Maret (3,14). Hari istimewa ini didedikasikan untuk konstanta matematika, pi. Pertama kali diakui 30 tahun lalu, tepatnya pada 1988 oleh fisikawan Larry Shaw. Para pengamat Pi Day sering merayakannya dengan sepotong kue favorit mereka untuk menghormati nama yang terdengar lezat. Ada yang menarik dari doodle yang disajikan Google, Rabu 4 Maret 2018 ini. Sajian kue yang dibentuk unik membentuk kata Google.

Namun, mereka rupanya bukan mau mempersembahkan hidangan kuliner, tapi mencoba merayakan Pi Day alias Hari Pi yang mulai diperingati sejak 30 tahun silam. Meskipun matematikawan modern telah menghitung lebih dari satu tempat desimal triliun di luar standar “3,14,” pi adalah bilangan irasional yang berlanjut sampai tak terhingga! Ini adalah unsur penting dalam formula untuk area lingkaran, A = πr². Gambar doodle yang sedap hari ini dipanggang dan dibuat oleh koki pastry pemenang penghargaan dan pencipta cronut, Dominique Ansel. Ia sengaja memberi penghormatan kepada konstanta matematika yang menyeluruh ini dengan mewakili formula pi (lingkar dibagi dengan diameter) menggunakan pie alias kue pai!

Seperti diulas exploratorium.edu, pi sebenarnya telah dikenal hampir 4.000 tahun silam. Orang-orang Babilonia kuno menghitung luas lingkaran dengan mengambil 3 kali kuadrat radiusnya, yang memberi nilai pi = 3. Satu tablet Babilonia (sekitar 1900-1680 SM) menunjukkan nilai 3,125 untuk pi, yang merupakan pendekatan yang lebih dekat.

Baca Juga: Ini Jawaban Atas Hilangnya Uang Nasabah BRI Mendadak Hilang

Perhitungan pertama pi dilakukan oleh Archimedes dari Syracusa (287-212 SM), salah seorang matematikawan terbesar di dunia kuno. Jika penjelasan di atas tentang sejarah pi dianggap terlalu rumit, mungkin kita bisa mencoba apa yang dilakukan Google. Mulailah kita bayangkan pi itu adalah kue pai yang sangat enak, lalu kita akan dapat menghitung kerumitan matematika dengan cara yang lezat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply