Inilah Sosok di Balik Popularitas Tik Tok yang Diblokir

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Hingga saat ini popularitas aplikasi video pendek Tik Tok terus menanjak dalam beberapa bulan terakhir sejak diluncurkan secara resmi pada September 2016. Layanan yang di negara asalnya memiliki nama Douyin ini memungkinkan pengguna membuat video singkat berdurasi hingga satu menit.

Zhang Yiming, sosok di balik Tik Tok dalam sebuah kesempatan menceritakan awal mula kemunculan layanan yang telah diunduh sebanyak 500 juta kali. Tik Tok sendiri merupakan layanan yang dikembangkan oleh ByteDance, perusahaan milik Yiming. Saat awal dikembangkan, Tik Tok hanya ditangani oleh delapan orang dari ByteDance dalam waktu hanya 200 hari. Dalam sebuah wawancara dengan Technode, Yiming mengatakan sejak awal berdiri Tik Tok menyasar pengguna generasi muda.

Meski begitu, saat ini ia mengaku sudah mulai membuat video dengan karyawan lain di perusahaan. Untuk mendorong hal itu, ia menyebut perusahaan mengadakan kompetisi untuk mengumpulkan banyak like dari video yang diunggah.

Yiming sendiri merupakan lulusan software engineer lulusan Universitas Nankai yang mendirikan perusahaan teknologi ByteDance pada Maret 2012. Selain merilis layanan Tik Tok, perusahaan yang dirintisnya juga memperkenalkan aplikasi berita, Toutiao untuk pengguna di China.

Keputusan untuk merambah aplikasi media sosial menurut Yiming berkaitan dengan tren yang sedang digandrungi saat ini. Menyoal perubahan tren tersebut, ia mengaku pihaknya harus beradaptasi dengan perubahan tengah terjadi.

Baca Juga: Daftar Tim Lolos & Jadwal 8 Besar Piala Dunia 2018

Namun, keputusan untuk merambah konten video ternyata tepat. Layanan Tik Tok besutannya berhasil merajai Google Play Store dan App Store. App Annie mencatat Tik Tok merajai jumlah unduhan di App Store sepanjang tahun 2018 di seluruh dunia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply