Blokir Resmi Dibuka, Ini Janji Tik Tok ke Kominfo

0
B CumaBerita.com, Jakarta. Aplikasi Tik Tok berjanji akan membersihkan konten negatif yang ada di platformnya dan menilai bahwa pasar Indonesia cukup penting dan potensial. Tik Tok juga kabarnya akan mengembangkan teknologi berbasis AI untuk melakukan filter konten negatif di platformnya. Hal inilah yang membuat blokir aplikasi Tik Tok dicabut.

Tik Tok dan penggunanya akhirnya bisa bernafas lega setelah seminggu diblokir oleh Kominfo terkait adanya konten negatif. Kini aplikasi Tik Tok sudah dibuka blokirnya dan masyarakat kini sudah bisa mengaksesnya kembali. Pembukaan blokir Tik Tok ini tak lepas dari langkah cepatnya menemui Kominfo dan berjanji membersihkan konten negatif. Informasi ini diperkuat dengan pernyataan dari petinggi Kominfo. Tik Tok memang saat ini sedang naik daun dan digemari kawula muda tanah air, terutama remaja.

Popularitas Tik Tok ini melahirkan artis dadakan yang penuh kontroversi, yakni Bowo Alpenliebe. Tak hanya itu, Tik Tok juga banyak terdapat konten negatif, sehingga banyak dilaporkan masyarakat.

Adanya konten negatif ini mendoromg Kominfo untuk memblokir Tik Tok pada 3 Juli 2018 lalu. Kominfo mengatakan bahwa pemblokiran aplikasi Tik Tok ini sudah sesuai dengan prosedur. Kominfo mengatakan telah menerima banyak aduan dari masyarakat mengenai aplikasi Tik Tok.

Tak kurang dari 2800 aduan dari masyarakat terkait Tik Tok ini. Layanan berbagi video, Tik Tok sudah bisa diakses kembali per hari ini, Selasa 10 Juli 2018. Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) sempat memblokir layanan tersebut selama sepekan, sejak Selasa 3 Juli 2018 pekan lalu.

Dirjen Aptika Kominfo berharap Tik Tok bisa terus menjaga platform besutannya agar terbebas dari konten-konten negatif berbau pornografi, SARA, dan lain-lain. Meski sudah tidak diblokir, masih ada beberapa netizen yang belum bisa membuka Tik Tok.

Baca Juga: Prancis vs Belgia 1-0 Hasil Piala Dunia 2018, Umtiti Bawa Les Bleus ke Final

Hal tersebut tergantung kecepatan masing-masing operator membuka blokir mereka. Diketahui, tim manajemen Tik Tok telah datang ke kantor Kominfo sehari pasca diblokir. Mereka mengatakan siap mematuhi aturan yang berlaku di Tanah Air dan meningkatkan layanannya agar berdampak positif. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply