Tips Membersihkan Memori iPhone Sebelum Update iOS 12

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Sejak hari Senin, 17 September 2018 Apple menjanjikan untuk menggulirkan pembaruan iOS 12 ke sejumlah perangkat yang kompatibel. Selain iPhone dan Apple Watch terbaru, Apple juga menggulirkan pembaruan serupa untuk sejumlah iPod, iPhone dan iPad lawas. Pastikan juga ada cukup ruang yang tersisa untuk menyimpan sejumlah fitur dan pembaruan yang disediakan Apple.

Setelah proses mengunduh dan memperbarui aplikasi rampung, Anda akan diminta untuk memasukkan kembali surel dan password yang dipakai untuk Apple ID. Sebelum mulai mengunduh dan memasang iOS 12, Apple sudah mewanti-wanti pengguna untuk mem-back up data dan menyediakan ruang cukup pada memori ponsel. Bukan rahasia jika pembaruan peranti lunak khususnya pada perangkat lawas bisa memakan memori dalam jumlah besar.

Agar ponsel tidak ‘lemot’ dan muncul notifikasi bahwa memori kian menipis, cek cara berikut.

Pastikan Anda mengecek fitur atau aplikasi apa yang paling banyak menghabiskan memori ponsel. Melalui menu pengaturan, Anda bisa mengatur konten mana saja yang hendak dihapus atau disimpan dalam iCloud. Cek settings > general > iPhone storage, Anda akan melihat berapa banyak memori terpakai dan tersisa.

Fitur dan aplikasi yang paling banyak menghabiskan memori. Untuk fitur dan aplikasi tertentu, Anda bisa memilih ‘offload app’ agar data dan dokumen yang tersimpan di dalamnya tetap ada meskipun aplikasi akan terhapus dari ponsel. Opsi ini akan mengembalikan semua data dan dokumen ketika aplikasi tersebut kembali terpasang di ponsel Anda.

Lain halnya jika Anda memilih untuk menghapus aplikasi, maka data yang tersimpan di dalamnya akan ikut lenyap. Khusus untuk foto dan galeri yang kerap menghabiskan memori, Anda bisa membuatnya lapang dengan memilih opsi menyimpan otomatis foto ke ‘iCloud Photo Library’.

Baca Juga: Harga Spesifikasi Samsung Galaxy J4 Plus dan J6 Plus Resmi Meluncur

Jika Anda pernah merasa sudah menghapus banyak foto dan video di galeri, tapi memori masih terasa sesak maka ada baiknya Anda ikut menghapus secara permanen data-data tersebut. Pada submenu iPhone storage > aktifkan ‘recently deleted’ album > pilih kosongkan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply