Penting Merawat Genset secara Rutin

0
P– Sangat penting untuk melakukan perawatan genset diesel secara rutin. Sebab hal ini akan langsung berdampak terhadap performa genset serta keawetannya. Hal ini sudah disadari oleh banyak perusahaan atau pabrik yang memiliki genset. Kondisi genset harus selalu dalam keadaan prima. Sebab sekalipun mungkin pabrik atau perusahaan tersebut terletak di kota besar, antisipasi harus selalu dilakukan. Sebab mungkin saja ada bencana seperti banjir yang sangat mungkin menggangu lancarnya pasokan listrik PLN. Kalau hal itu sampai terjadi, perusahaan tetap siap untuk beroperasi.

Oleh karena itu, banyak pabrik yang secara rutin melakukan service genset. Seringnya dipercayakan kepada jasa perawatan genset terpercaya agar hasilnya lebih baik. Sebab biasanya jasa atau perusahaan tersebut memiliki keahlian dalam melakukan perawatan genset secara maksimal hingga melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan.

Perusahaan sewa genset itu biasanya juga memiliki bengkel genset yang berfungsi untuk memulihkan genset kapasitas besar yang rusak atau mengalami masalah tertentu.

Kalau saat melakukan service genset, bisanya dilakukan hal-hal mendasar seperti pengecekan secara menyeluruh kondisi genset, memastikan lubrikasi berjalan dengan baik, memastikan sistem pendingin dan bahan bakar juga berfungsi dengan optimal, tapi pada perbaikan genset melakukan hal yang lebih besar lagi. Seperti misalnya melakukan pergantian sparepart atau bagian genset tertentu agar macet atau tidak berfungsinya genset bisa segera teratasi.

Untuk itulah adanya bengkel genset sangat membantu perusahaan untuk memastikan kondisi genset selalu berada dalam kondisi terbaik. Tentu hal itu juga perlu dibarengi dengan perawatan genset sesuai waktunya. Apalagi jika misalnya perusahaan berada di lokasi tertentu, mungkin memerlukan service genset yang lebih sering.

Misalnya lokasi pabrik atau perusahaan terletak di daerah yang bersuhu ekstrim, atau dekat dengan laut, atau mungkin letak genset sering kali terkena debu atau terkontaminasi zat lainnya. Apalagi jika genset diesel ini digunakan sebagai sumber utama listrik, tentu perusahaan harus lebih rajin untuk merawatnya.

Dengan melakukan perawatan genset secara rutin, nantinya manfaatnya akan kembali dinikmati perusahaan dalam bentuk lancarnya pasokan listrik. Memang seharusnya ada petugas khusus yang melakukan inspeksi atau pengecekan kondisi genset di pabrik tersebut sehingga setiap waktu bisa diketahui kondisinya. Barulah kalau kondisi genset itu mengalami kerusakan, perlu untuk memanggil bengkel genset utnuk memperbaikinya.

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply