Pengguna Lazada ‘Dihujani’ Transaksi Misterius, Email Bocor!

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Beberapa saat yang lalu pelanggan pengguna platform Bukalapak dan Lazada mengeluhkan ‘serbuan’ notifikasi melalui email tak dikenal terkait dengan transaksi yang tak dilakukannya. Seorang pegawai swasta menyatakan dirinya mendapatkan notifikasi bukan atas namanya dalam pelbagai transaksi. Notifikasi email tersebut diketahui terjadi sejak Juli lalu.

Pegawai tersebut menuturkan nama yang tak dikenal itu berinisial HR, dan sejumlah transaksi telah dilakukan antara lain bayar listrik hingga isi pulsa. Pegawai tersebut menuturkan hal serupa juga terjadi pada transaksi tak dikenal di Lazada. Nama pengguna email di platform itu berinisial ES. Khusus Lazada, Pegawai tersebut menyatakan dirinya mendapatkan notifikasi pembatalan pesanan. Dirinya sudah mengajukan keluhan ke kedua platform tersebut. Khusus Bukalapak, persoalan itu sudah selesai dengan menghapus akun tersebut.

Hingga berita ini ditulis, pihak Lazada dan Bukalapak belum memberikan konfirmasi terkait hal ini. Beberapa nama dan email pelanggan disebut Amazon telah terekspos. Menurut email yang dikirimkan perusahaan kepada pelanggan yang terkena dampak, hal ini disebabkan oleh “kesalahan teknis”. Beberapa orang membagikan tangkapan layar email yang diterimanya secara online.

Meskipun terekspos, raksasa belanja online ini menyebutkan bahwa pelanggan yang terkena dampak tidak perlu mengubah kata sandi mereka. Hal ini tentu saja tidak lumrah, karena meskipun hanya nama dan email saja yang terpapar, bukannya tidak mungkin orang dapat mencoba menyetel ulang akun pelanggan yang bocor ini atau menargetkan email sebagai sasaran serangan phishing.

Amazon tidak menjawab pertanyaan tentang berapa banyak pelanggan yang terpengaruh oleh kesalahan atau seberapa lama informasi itu terpapar. Juru bicara Amazon kepada CNBC mengatakan bahwa website dan sistem perusahaan tidak dibobol. Terkait kebocoran ini, Amazon juga tidak mengatakan di mana informasi pelanggan itu terlihat.

Baca Juga: Jangan Kuliah di Jogja Kalo Cuma Cari Ijasah! Banyak Hal Penting Lainnya

Dalam forum pelanggan, orang-orang yang menerima pesan rahasia dari perusahaan kaget lantaran tidak direkomendasikan agar mereset kata sandi. Tautan ke website Amazon di bawah tanda tangan email juga tidak mengandung tautan aman, bukan berisi “https” namun justru “http.”. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply