Ini Waktu Terlelet Untuk Akses Internet 4G di Indonesia

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Telkomsel masih unggul dalam hal kecepatan pengunduhan (download) dan pengunggahan (upload) di jaringan internet 4G LTE. Setidaknya begitu menurut laporan terbaru dari perusahaan pemetaan cakupan jaringan nirkabel, OpenSignal untuk periode semester pertama 2019. Kecepatan download operator pelat merah tersebut berada di kisaran 12,9 Mbps.

Sementara itu, kecepatan upload rata-rata-nya 7,3 Mbps. Meski memimpin, kecepatan download rata-rata Telkomsel sejatinya menurun dibandingkan laporan semester kedua yang mencapai 14,6 Mbps. Perusahaan periset jangkauan internet asal Inggris, OpenSignal, merilis temuan terbarunya tentang kecepatan internet 4G yang mencakup 77 negara, termasuk Indonesia. Salah satu hasil riset tersebut mengungkap jam-jam tersibuk internet, dan karenanya menjadi lelet. Di Indonesia, pukul 21.00 menjadi jam paling lelet untuk mengakses internet. Kecepatan internet di Indonesia pada jam tersebut hanya mencapai 5,7 Mbps.

Indonesia berada di bawah Thailand, di mana kecepatan internet terendah saat jam internet sibuk di sana mencapai 6,0 Mbps. Sementara itu, rata-rata kecepatan internet di Indonesia berada di angka 8,6 Mbps. Petang memang menjadi jam-jam tingginya permintaan akses internet secara global. OpenSignal mencatat, pukul 20.00 hingga 23.00 di masing-masing negara menjadi waktu terlamban untuk akses internet.

Hal itu dikarenakan banyak orang-orang mengakses konten hiburan seperti video untuk melepas penat setelah bekerja di pagi hingga sore hari. Alhasil, terjadi ketimpangan antara tingginya permintaan internet dan lemahnya kecepatan internet. Tak hanya waktu-waktu terlelet, OpenSignal juga mengungkap waktu di mana akses internet sedang tinggi-tingginya.

Secara global, jam 03.00 pagi menjadi waktu dengan kecepatan akses internet tertinggi dengan kecepatan internet 22,1 Mbps. Kecepatannya bisa berbeda-beda di setiap negara. Indonesia sendiri bisa mencapai kecepatan internet 4G maksimal di angka 18,5 Mbps. Untuk peringkat rata-rata kecepatan internet, Indonesia menduduki posisi 72 dari 77 negara yang terlibat dalam riset ini.

Baca Juga: Klarifikasi ESDM, Jokowi Dituding Lakukan Pertemuan Rahasia Dengan Bos Freeport

Indonesia berada di bawah Filipina yang memiliki rata-rata kecepatan 4G 9,4 Mbps dan kecepatan maksimum 19 Mbps. Sementara Thailand menjadi negara dengan kecepatan internet terlambat dengan kecepatan internet 4G rata-rata 8,2 Mbps dan maksimum hanya mencapai 11,7 Mbps. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply