Sebanyak 13 Juta Akun Bukalapak Dibobol dan Dijual Bebas

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Dilansir dari The Hacker News, peretas mengungkapkan ada 13 juta akun Bukalapak dan 1,12 juta akun Youthmanual yang diretas dan dijual melalui Dream Market. Peretas Pakistan yang dikenal dengan nama Gnosticplayers mengklaim telah meretas puluhan situs web populer di seluruh dunia.

Gnosticplayers mencatat ada 26,43 juta akun dari delapan situs web populer yang dijual bebas di Dream Market, situs jual beli yang ada di dark web. Dari kedelapan situs, dua diantaranya merupakan situs asal Indonesia yakni Youthmanual dan Bukalapak. Peretas menjual database kedelapan situs tersebut secara terpisah dengan total nilai 1.2431 Bitcoin atau sekitar US$5.000 setara Rp70,5 juta (kurs US$1=Rp14.100). Selain dua situs tersebut, secara rinci Gnosticplayers mengungkapkan enam situs lain yang berhasil dibobol antara lain GameSalad dengan 1,5 juta akun, Lifebar dengan 3,86 juta akun, EstanteVirtual dengan 5,45 juta akun, dan Coubic dengan 1,5 juta akun.

Sebelumnya, akun yang sama juga mengklaim telah meretas dan mencuri 890 juta akun dari 32 situs web populer. Head of corporate communications Bukalapak Intan Wibisono mengakui jika ada upaya untuk meretas layanan mereka beberapa waktu lalu. Namun, Intan memastikan tidak ada data penting pengguna yang berhasil didapatkan peretas. Intan mengatakan pihaknya telah meningkatkan sistem keamanan dan memastikan data-data penting pengguna tidak disalahgunakan.

Perusahaan besutan Achmad Zaky ni juga mengimbau penggunanya untuk memperhatikan keamanan bertransaksi. Pengguna Bukalapak diimbau untuk mengganti kata sandi (password) secara berkala mengaktifkan Two-Factor Authentication (TFA) untuk mencegah penyalahgunaan data penting dari perangkat yang tidak dikenali.

Baca Juga: Nama 5 Pemain yang Dapat Standing Ovation Seperti Lionel Messi

Sebelumnya peretas Pakistan, Gnosticplayers mengklaim telah meretas puluhan situs web populer termasuk salah satunya Bukalapak. Gnosticplayers mengungkapkan ada 13 juta akun Bukalapak yang telah diretas dan dijual di Dream Market, situs jual beli di dark web. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply