Penyebab Mati Lampu yang Umum Terjadi

0
B CumaBerita.com, Jakarta. PT PLN mengatakan penyebab matinya listrik di sebagian besar Pulau Jawa ini adalah gangguan transmisi Ungaran-Pemalang dengan kapasitas 500 kV. Penyebab gangguan dan putusnya jaringan masih diinvestigasi oleh PLN dan ada beberapa kemungkinan dari masalah layang-layang nyangkut sampai tertimba batang pohon. Listrik mulai pulih lagi pada hari Minggu malam, tapi masih ada beberapa wilayah yang listriknya kembali mati tidak lama kemudian. Mati listrik massal terjadi di sebagian besar Pulau Jawa pada Minggu 4 Agustus 2019 sejak pukul 11.45 WIB.

Berikut adalah penyebab terjadinya mati listrik yang umum terjadi yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Faktor Cuaca
Faktor cuaca merupakan salah satu penyebab mati listrik yang paling umum terjadi. Berdasarkan data Edison Electric Institute, 70% pemadaman listrik di Amerika Serikat terjadi karena faktor cuaca. Fenomena alam yang bisa menyebabkan mati lampu antara lain petir, hujan, angin, hujan es, banjir, kebakaran hutan, bahkan debu.

2. Hewan
Hewan seperti burung besar, tupai, atau ular juga bisa menyebabkan matinya listrik ketika mereka memanjat peralatan krusial, seperti transformator dan sekering, yang kemudian menyebabkan peralatan tersebut mati.

3. Pohon Tumbang
Ketika ada angin kencang atau ketika seseorang memangkas pohon dengan tidak hati-hati, cabangnya bisa bersentuhan dengan saluran listrik dan menyebabkan gangguan.

4. Kendaraan
Kendaraan yang tiba-tiba menabrak tiang listrik juga bisa merusak tiang dan menyebabkan kabel rusak yang kemudian berujung pada gangguan pada jaringan.

5. Gempa Bumi
Gempa bumi dengan magnitudo berapa pun bisa menyebabkan kerusakan di fasilitas perlengkapan dan saluran listrik. Walau mati listrik massal ini terjadi dua hari setelah gempa Banten, PLN memastikan kedua kejadian ini tidak terkait.

6. Kelebihan Beban
Kelebihan beban listrik ini biasanya terjadi pada hari yang sangat panas dan terik, di mana banyak orang menggunakan pendingin ruangan sehingga sistem dan peralatan yang ada menjadi lebih tertekan.

7. Penggalian
Kadang penggalian atau pengeboran tidak sengaja merusak jaringan kabel listrik yang ada di bawah tanah. Jika jaringan ini terganggu, bisa menyebabkan listrik mati.

Baca Juga: Ibu Kota Negara Dipindahkan ke Kalimantan

8. Layang-layang
Menerbangkan layang-layang atau balon di dekat saluran listrik bisa menyebabkan mati listrik dan membuat orang yang menerbangkan tersengat listrik. Jika ada layang-layang atau balon yang tersangkut di jaringan listrik, listrik harus dipadamkan terlebih dahulu untuk bisa memindahkan objek yang tersangkut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply