Facebook Resmi Rilis Aplikasi Kencan Online

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Facebook telah menggunakan teknologi pengenalan wajah sejak 2017. Teknologi ini digunakan agar platform media sosial itu bisa memberikan saran agar pengguna bisa menandai (tag) teman pada foto yang diunggah. Perusahaan media sosial Amerika Serikat, Facebook, mengumumkan telah menghapus fitur saran ‘tag’.

Namun, Facebok juga menyediakan fitur pengenalan wajah untuk semua pemilik akun. Fitur tag suggestions memanfaatkan pengenalan wajah untuk menyarankan pengguna menandai teman pada foto yang diunggah. Teknologi ini juga digunakan untuk memberi tahu pengguna jika foto profilnya digunakan oleh orang lain. Untuk fitur ini, pengguna bisa menyalakan atau mematikan opsi agar wajahnya dikenali oleh Facebook. Penandaan foto secara manual masih dapat dilakukan namun Facebook tak lagi menyarankan pengguna untuk ditandai. Kabar penghapusan fitur tag suggestions ini merupakan respon balik dari Facebook setelah sebelumnya digugat atas pelanggaran Undang-Undang Privasi Informasi Biometrik AS.

Facebook dituduh secara ilegal mengumpulkan dan menyimpan data biometrik tanpa persetuan jutaan pengguna. Facebook kini telah resmi merilis layanan kencan pada Kamis 5 September 2019. Layanan ini baru tersedia di negara asalnya, Amerika Serikat dan di 20 negara lainnya seperti Kanada, Brazil, dan Singapura.

Layanan ini dikabarkan dapat digunakan oleh pengguna Facebook maupun Instragram. Facebook akan menyarankan akan dengan profil lain yang cocok dengan preferensi yang telah dipilih sebelumnya. Nantinya, pengguna tak perlu khawatir jika aktivitas kencannya tidak ingin diketahui orang lain, sebab Facebook tidak akan memunculkannya di laman profil.

Pengguna layanan ini nantinya dapat mengintegrasikan pengikut Instagramnya dengan profil kencan. Selain itu, pengguna juga dapat menandai pengguna lainnya di fitur “Secret Crush”. Facebook menawarkan panduan keamanan bagi pengguna yang mendaftar diri pada layanan kencan tersebut. Facebook tidak melakukan pemeriksaan latar belakang atau pencarian daftar pelanggar seks.

Layanan ini hanya diperbolehkan bagi pengguna dengan usia 18 tahun keatas. Walau profil kencan terpisah dari kedua aplikasi, datanya tetap digunakan untuk mengidentifikasi kecocokan “Secret Crush”. Pengguna hanya bisa menandai pada 9 temannya. Kencan online seperti ini cukup rentan terhadap jaminan keamanan.

Baca Juga: Veronica Koman, Tersangka Provokasi di Asrama Mahasiswa Papua

Untuk tetap menjaga keamanan pengguna, Facebook menghadirkan fitur yang dapat membagi detil kencan kepada orang terdekat lewat Messanger. Anda juga dapat membagikan lokasi secara langsung yang dapat memastikan Anda berada di lokasi yang tepat saat bertemu dengan orang baru. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply