Cara Memilih Aplikasi Monitoring Jaringan yang Tepat

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Mungkin beberapa dari anda sedang mencari cara yang tepat untuk memilih aplikasi monitoring jaringan yang cocok untuk perusahaan anda. Biasanya jika anda mengetahui kelebihan, manfaat, dan keuntungan dari aplikasi monitoring ini, sudah dipastikan anda akan mencari informasi mengenai cara memilih aplikasi monitoring jaringan yang tepat, bukan? Di kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa kriteria yang harus diperhatikan saat memilih aplikasi monitoring jaringan. Apa yang harus benar – benar diperhatikan, dan juga fitur apa saja yang harus ada di aplikasi monitoring jaringan ini.

Beberapa kriteria ini akan membantu anda sebagai pemilik bisnis, maupun network engineer untuk memudahkan pekerjaan dalam menganalisa jaringan yang ada di tempat anda. Dari segi waktu, biaya, dan juga usaha akan sangat efisien jika anda menggunakan monitoring jaringan ini. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk memilih aplikasi monitoring jaringan yang paling tepat untuk anda.

1. Cari Tahu Kebutuhan yang Paling Anda Butuhkan
Tentunya sebagai pemilik bisnis maupun sebagai seorang network engineer, anda mengetahui dengan jelas kondisi real dari jaringan yang anda miliki. Untuk bisa menentukan aplikasi monitoring jaringan terbaik, mengetahui kebutuhan utama merupakan suatu kewajiban.

Beberapa list berikut ini bisa menjadi sumber inspirasi untuk mengetahui keperluan apa saja yang anda butuhkan:
· Laporan (dashboard) seperti apa yang paling anda butuhkan?
· Berapa banyak infrastruktur jaringan (server, router, workstation) yang ingin anda monitor?
· Aplikasi monitoring akan dijalankan di sistem operasi apa?
· Fitur – fitur apa yang paling anda inginkan?
· Apakah anda membutuhkan fitur real-time?
Dengan menjawab beberapa pertanyaan ini tentunya anda akan mendapatkan gambaran besar mengenai aplikasi monitoring jaringan yang paling anda butuhkan. Jika langkah pertama ini sudah anda penuhi, anda dapat mengikuti langkah berikutnya.

2. Cari Tahu Informasi Mengenai Aplikasi Monitoring Jaringan dari Berbagai Sumber
Sebelum menentukan mana yang terbaik tentunya anda harus mencari tahu apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk monitor jaringan, kemudian seperti apa fitur dan juga fasilitas yang ditawarkan. Pada tahap ini anda bisa mencari tahu dengan cara riset segala aplikasi yang tersedia. Jika sebuah vendor menyediakan free trial, anda bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk langsung menerapkan secara langsung jaringan yang anda miliki dan mengecek apakah aplikasi monitoring jaringan tersebut akan cocok untuk anda. Kenapa? lal ini diperlukan karena terdapat berbagai macam aplikasi monitoring jaringan, seperti halnya untuk server, infrastruktur, dan juga untuk keperluan lainnya.

3. Perhatikan Juga ROI
ROI atau Return On Investment ini juga patut anda perhatikan di saat memilih aplikasi monitoring jaringan yang tepat. Dengan mempertimbangan pengeluaran sebelum membeli aplikasi ini dengan memperkirakan keuntungan yang akan anda dapatkan. Memang sedikit lebih susah untuk menghitungnya, tapi dengan mempertimbangkannya lebih matang anda akan mendapatkan kisaran budget yang ingin anda keluarkan untuk bisa mengadakan aplikasi monitoring jaringan ini.

Baca Juga: Pastikan Anak Anda Cukup Kalsium

Aplikasi Monitoring Jaringan Terbaik
Nah dari kriteria tersebut tentunya anda sudah memiliki gambaran mengenai aplikasi monitoring jaringan terbaik mana yang akan anda pilih, kan? Jika Anda masih bingung maka NetMonk, aplikasi monitoring jaringan terbaik Indonesia ini dapat memenuhi kebutuhan monitoring anda. Dengan analisa jaringan yang akurat dan real-time, kemudahan untuk memonitor sebuah jaringan akan membuat anda mempercepat pekerjaan anda sebagai network engineer. Selain itu NetMonk juga bisa memprediksi penggunaan jaringan melalui data – data yang sudah ada sebelumnya sehingga memudahkan perencanaan pengembangan infrastruktur. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply