5 Hal yang Harus Dimiliki Aplikasi Monitoring Jaringan

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Aplikasi monitoring jaringan adalah hal yang sangat penting dan merupakan sebuah investasi berharga untuk sebuah pengembangan infrastruktur jaringan. Dengan adanya aplikasi monitoring jaringan ini tentunya terdapat banyak sekali kelebihan yang anda dapatkan, melihat performa infrastruktur jaringan, memperbaiki permasalahan jaringan yang terjadi, memonitor secara real-time jaringan yang ada, dan juga melihat konfigurasi jaringan.
Hal ini bisa menghemat budget yang cukup besar. Anda bisa membayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk network engineer yang memperbaiki kerusakan jaringan, bukan? Mencegah lebih baik daripada mengobati begitulah peribahasa yang selalu kita dengar.
Tapi, untuk memilih aplikasi monitoring jaringan sendiri perlu ketelitian yang tidak bisa dianggap remeh.

Dengan 5 hal berikut ini, anda bisa memilih aplikasi monitoring jaringan terbaik yang cocok untuk anda.

1. Proses Deployment yang Mudah
Semakin mudah instalasi dari aplikasi monitoring jaringan akan semakin bagus jika sistem operasi yang anda gunakan adalah Windows. Hal ini tergantung dari sistem operasi yang anda pakai, biasanya pengguna sistem operasi Windows menginginkan proses cepat dalam instalasi sehingga proses deployment ini harusnya juga cepat. Dengan proses deployment yang mudah dan cepat tentunya kita tidak akan mengeluarkan tenaga tambahan dari segi pelatihan, selain itu semakin cepat penerapan hal ini akan semakin cepat kita bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi monitoring jaringan.

2. Performance Monitoring yang Lengkap
Anda akan menghemat waktu untuk menganalisa jaringan jika disuguhkan dengan data yang menampilkan performa jaringan secara lengkap. Mulai dari performa perangkat jaringan, kemudian status up/down jaringan, penggunaan resource server, dan lain – lain.
Selain itu ada baiknya juga untuk mengetahui apakah aplikasi monitoring jaringan juga memiliki kemampuan untuk menampilkan laporan data secara lengkap dan juga update, sehingga kita akan sangat mudah untuk mengetahui kondisi jaringan yang kita miliki.

3. Analisa Bandwidth dan Flow yang Akurat
Nah, analisa yang satu ini juga diperlukan secara lebih detail. Seharusnya sebuah aplikasi monitoring jaringan memiliki sebuah detail tampilan sehingga kita bisa dengan mudah untuk mengananalisa kondisi jaringan. Dengan menganalisa kebutuhan dari bandwidth ini tentunya proses pengembangan, perawatan, dan juga monitoring jaringan bisa dikerjakan dengan lebih mudah.

4. Network Automation
Jika tim IT jaringan anda kecil, kemungkinan fitur ini akan sangat membantu anda dalam membuat sebuah keputusan terkait jaringan yang ada. Salah satu fitur yang sangat membantu adalah analisa prediksi (predictive analytics). Aplikasi monitoring jaringan yang mampu memprediksi kondisi jaringan di masa depan berdasarkan dengan data yang di dapatkan dari masa lalu akan membuat pekerjaan anda lebih mudah dan juga lebih efisien. Sebisa mungkin pilihlah aplikasi monitoring jaringan yang memiliki fitur ini sehingga akan menyingkat waktu dari proses monitoring jaringan yang ada.

5. Real-time Notification
Tentunya sebagai seorang network engineer, anda mungkin harus menunggu pengguna atau user yang menggunakan jaringan menyampaikan kepada anda bahwa ada permasalahan jaringan bukan? Say no more. Fitur ini merupakan fitur yang sangat berguna untuk membantu Anda menyelesaikan masalah tanpa harus menunggu sebuah perangkat jaringan maupun jaringan rusak atau down.
Dengan adanya notifikasi dari jaringan, kamu tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui adanya permasalahan jaringan yang terjadi seperti kegagalan server maupun down dan segera memperbaiknya atau mengkonfigurasi ulang.

Baca Juga: Video Via Vallen – Salah Apa Aku ( Setan Apa Yang Merasukimu )

Aplikasi Monitoring Jaringan Indonesia Terbaik
Jika anda masih penasaran apakah ada aplikasi monitoring jaringan Indonesia yang memenuhi kriteria yang ada di atas, tentu jawabannya ada. NetMonk merupakan penyedia layanan aplikasi monitoring jaringan terbaik di Indonesia yang memberikan solusi terbaik untuk permasalahan monitor jaringan anda. Anda juga akan disuguhi data yang tersusun sangat rapi sehingga anda tidak akan merasa kesulitan untuk membaca data tersebut. Selain itu fitur predictive anayticis juga akan sangat membantu tim anda menjadi lebih mudah dalam bekerja. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply