Aplikasi Simulasi Tes CPNS Pilihan di Android

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Bagi yang ingin memahami materi yang diujikan, terdapat juga pembahasan singkat atau rangkuman materi-materi yang biasa diujikan dalam soal tes CPNS.

Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan segera menyusul setelah pendaftaran dibuka pada 25 Oktober 2019. Selain mempersiapkan berkas, calon peserta rekrutmen juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi rangkaian tes. Tak hanya mempelajari soal-soal tes lewat buku kumpulan soal saja, kini hal tersebut juga dapat dilakukan menggunakan ponsel Anda. Bagi Anda yang lebih mudah memahami audio visual dibanding dengan hanya teks, aplikasi ini menyediakan tips mengerjakan soal CPNS dalam format video. Berikut tiga aplikasi Android simulasi tes CPNS yang dapat digunakan.

CAT CPNS TERBARU 2019
Pengembang: Oneapps.edu

Secara tampilan, aplikasi ini cukup nyaman digunakan karena desainnya yang sederhana dan mudah dioperasikan. Simulasi soal terbagi menjadi empat kategori yakni tes intelegensia umum (TIU), tes kepribadian personal (TKP), tes wawasan kebangsaan (TWK), dan tes potensi akademik (TPA). Dalam setiap kategori terbagi lagi menjadi beberapa sesi soal yang dapat dipilih secara acak.

Kemudian di setiap akhir sesi, peserta akan mendapatkan score card yakni presentase jawaban yang benar, salah, dan dilalui. Aplikasi ini tidak menyediakan pembahasan soal yang telah diujikan,namun jawaban yang benar akan ditunjukkan. Dari hasil tes yang dibuat dalam bentuk diagram lingkaran, tentu dapat memudahkan peserta dalam memetakan hasil tesnya.

Simulasi CAT CPNS 2019
Pengembang: AzkiDev

Aplikasi ini terdiri dari lima paket soal yang dapat dipilh mana yang ingin dikerjakan terlebih dahulu. Selain itu juga ada satu tes soal gabungan TKP, TIU, dan TWK. Diakhir sesi, peserta dapat melihat presentase skor yang telah dijawab. Khusus pada soal gabungan, peserta dapat melihat sejauh mana peserta telah berhasil menjawab soal dengan benar.

Aplikasi ini menyediakan tabel nilai ambang batas tiap jenis tes yang dapat dicocokan dengan nilai yang telah didapatkan saat mengisi soal latihan. Agar lebih mudah mempelajarinya, pembahasan tiap soal juga disediakan di akhir sesi. Pada tes gabungan tersebut, terdapat timer yang dapat mengukur batas waktu pengerjaan yakni 90 menit.

Bank Soal CPNS 2019 (SSCN CPNS BKN)
Pengembang: D.A Mobile Creative

Bagi Anda yang lebih mudah memahami audio visual dibanding dengan hanya teks, aplikasi ini menyediakan tips mengerjakan soal CPNS dalam format video. Selain itu juga jenis latihan soal dibagi menjadi kumpulan soal simulasi, TPU, TKD, TWK, dan TPA. Hal lain yang menarik dari aplikasi ini adalah terdapat soal tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) atau tahap akhir setelah CPNS lolos ujian kompetensi dasar.

Baca Juga: Alina Yakupova, Bocah 6 Tahun Gadis Tercantik di Dunia

Hanya saja saat dicoba, soal-soal tersebut gagal dibuka. Di akhir sesi terdapat juga pembahasan soal yang telah dikerjakan namun hanya menunjukkan jawaban yang benar saja. Presentase jawaban yang benar dan salah juga ada di akhir sesi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply