Apa Itu Influencer Pariwisata? Profesi Ngehits Zaman Now

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Seiring dengan menanjaknya sejumlah media sosial seperti Instagram dan Youtube, turut serta melahirkan sejumlah profesi unik yang sebelumnya tak pernah ada. Salah satunya adalah influencer pariwisata atau yang populer dikenal sebagai travel influencer.

Semakin besar jumlah pengikut atau subscribernya, tentu semakin banyak pula ‘mata’ yang melihat mereka. Salah satu tolak ukurnya adalah jumlah ‘engagement’ yang muncul dari setiap unggahan foto hingga video di media sosial mereka. Di awal, jumlah dan angka itu mungkin hanya jadi kebanggaan semata untuk masing-masing penggunanya. Namun, lama-kelamaan angka dan pengaruh itu berubah jadi profesi yang kerap dimanfaatkan oleh brand atau tourism board demi kepentingan profesi. Popularitas media sosial (medsos) di zaman now ikut menghadirkan banyak profesi baru. Salah satunya influencer pariwisata atau travel.

Baru-baru ini sempat ramai kabar adanya wacana dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang sempat merencanakan anggaran Rp 5 miliar untuk membiayai lima influencer. Tujuannya untuk mempromosikan pariwisata di Jakarta. Anggaran itu kini dinyatakan sudah dihapus. Besarnya anggaran itu cukup jadi cerminan betapa prestisiusnya profesi influencer pariwisata, atau yang lebih dikenal sebagai travel influencer di luar negeri.

Di kalangan milenial baik di dalam atau luar negeri, profesi ini pun kian digemari. Profesi travel influencer kian marak seiring dengan popularitas sejumlah media sosial seperi Instagram dan Youtube. Adapun, media sosial Instagram lebih menjadi ‘ladang’ utama dari travel influencer. Travel influencer pun tak ubahnya dengan social media influencer yang merujuk pada orang-orang yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan suatu produk.

Dalam bahasa Inggris, Influence sendiri memiliki arti mempengaruhi. Hanya sesuai namanya, travel influencer merupakan sejumlah orang yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan kegiatan travel yang merupakan bagian dari industri pariwisata. Pelakunya pun bisa datang dari latar belakang apa pun, dari orang biasa hingga orang yang telah memiliki nama besar.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Kembali ke profesi travel influencer. Mengandalkan konten berupa foto-foto atau video cantik saat sedang liburan, mereka menarik ribuan hingga jutaan mata (viewer) di media sosial mereka. Semakin banyak jumlah pengikutnya, semakin tinggi pula eksposur mereka. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply