Kesalahan Saat Charge HP yang Bikin Rusak dan Cepat Boros

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Kesalahan saat charge hp yang sering dilakukan tak hanya membuat baterai cepat habis tapi juga bisa merusak gadget kamu. Baterai boros bisa disebabkan karena kesalahan saat charge HP. Mungkin kamu tidak sadar kebiasaan saat charge hp justru membuat baterai menjadi cepat habis. Apa saja kesalahan saat charge hp yang harus dihindari?

Charge HP Semalaman
Kesalahan saat charge hp yang pertama adalah membiarkan charger tercolok listrik semalaman. Hal ini bisa memperpendek daya tahan baterai dan membuat HP atau smartphone cepat rusak. Ketika baterai sudah penuh 100 persen sebaiknya harus langsung dicabut. Maka dari itu hindari charge smartphone kamu di malam hari terutama sebelum tidur.

Baru Charge HP Saat Baterai 0%
Seperti dikutip dari situs Battery University, kesalahan saat charge HP yang paling umum adalah mengisinya saat baterai smartphone sudah kosong dan mati. Kebiasaan ini jika terlalu sering dilakukan akan membuat baterai tambah boros bahkan rusak permanen.

Pakai Charger Murah
Jangan pernah isi ulang dengan charger yang berbeda dari merek HP kamu. Apalagi memakai charger murahan. Charger yang dijual dengan harga murah biasanya tidak memiliki sirkuit khusus yang bisa otomatis berhenti mengisi ulang ketika baterai sudah 100 persen. Kebiasaan ini akan membuat baterai bocor dan smartphone cepat rusak.

Charge HP Saat Baterai Masih Banyak
Seperti dikutip dari Cleverly, saat baterai HP di-charge ketika kapasitasnya masih banyak, misalnya 70 persen, justru akan memperpendek ketahanannya dalam jangka panjang. Untuk menghindari kesalahan saat charge HP, sebaiknya isi ulang baterai ketika sudah tinggal 20 persen ke bawah.

Menggunakan HP saat Masih Di-charge
Memakai HP saat masih di-charge atau tercolok listrik akan meningkatkan temperatur dan menimbulkan tekanan yang tidak penting pada baterai. Tahanlah untuk tidak menggunakan hp saat masih diisi ulang.

Tidak Melepas Cover saat Charge HP
Untuk kamu yang suka memakai smartphone case atau cover HP, hindari tetap memasangnya saat sedang charge HP. Smartphone atau HP terkadang jadi panas saat di-charge. Jika cover atau case tetap terpasang akan semakin meningkatkan temperatur. Sebaiknya lepas cover untuk menjaga temperaturnya saat charge HP.

Baca Juga: Ini Ide Usaha Modal Rp 1 Juta Yang Bisa Laku Keras

Charge sampai Penuh
Kesalahan saat charge HP yang terakhir adalah menunggunya sampai penuh atau 100 persen, karena justru akan mengurangi ketahanan baterai. Saran dari Battery University, kamu hanya perlu charge HP sampai 75-80 persen saja. Charge HP sebatas 50 atau 75 persen juga baik untuk menjaga baterai tetap tahan lama. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply