Tips Memilih Ponsel Buat Gaming, Apa Aja Sih Kriterianya?

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Tentunya, untuk memainkan game mobile dibutuhkan smartphone dengan performa yang mumpuni. Biasanya game yang mengharuskan pemainnya untuk online, memiliki grafis yang tinggi serta syarat spesifikasi tertentu. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh smartphone agar bisa memainkan game tersebut dengan lancar. Bermain game bisa jadi aktivitas yang dapat mengusir kebosanan. Apalagi kondisi saat ini yang mengharuskan lebih banyak di rumah. Pilihan game mobile pun sudah bervariasi berkat adanya toko aplikasi yang disediakan masing-masing sistem operasi.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli sebuah smartphone gaming.

Pilihan Layar
Tipe layar dari smartphone dapat memengaruhi kinerja reproduksi warna dan konsumsi baterai. Di pasar saat ini, terdapat dua jenis layar yaitu In-Plane Switching Liquid Crystal Display (IPS) dan Active Matrix Organic Light-Emitting Diode (AMOLED/OLED). Dari kedua jenis layar tersebut, ada baiknya untuk memilih ponsel pintar dengan layar AMOLED/OLED karena pada setiap pixel di layar OLED dapat memunculkan cahaya sendiri, sehingga tidak membutuhkan backlight. Hal itu menyebabkan warna pada layar OLED tidak terlihat pudar, seperti pada warna di layar IPS.

RAM
Kebutuhan terhadap random access memory (RAM) saat bermain game dapat disesuaikan dengan permainan apa yang dimainkan. Hal tersebut karena RAM pada dasarnya adalah seberapa banyak data yang perangkat dapat aktifkan dan jalankan dalam waktu yang bersamaan. Pada sebuah game data tersebut adalah tekstur, geometri dunia game, model karakter, dan juga hal lainnya. Semakin besar RAM yang dimiliki oleh smartphone, maka akan semakin cepat untuk mengeluarkan data dari flash memory. Lalu karena graphic processing unit (GPU) berbagi RAM dengan keseluruhan perangkat, maka semakin besar RAM akan meningkatkan performa keseluruhan saat bermain game.

CPU
Sama seperti komputer pada umumnya, central processing unit (CPU) juga berpengaruh besar pada performa di sebuah smartphone. Jika CPU yang disematkan memiliki jumlah core lebih banyak maka ponsel tersebut dijamin bisa bermain game dengan lancar. Saat ini jumlah core pada smartphone umumnya sebanyak 8 core (octa-core).

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Lenovo Legion 5i dan IdeaPad Gaming 3i

Nah, itulah beberapa tips atau kriteria dalam mencari smartphone gaming yang mumpuni. Tentunya tidaklah mudah untuk mencari ponsel pintar yang dapat diandalkan untuk memainkan segala macam game.

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply