Pemerintah Akan Beri Subsidi Pulsa Bagi Murid Hingga Dosen

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir mengatakan rencana tersebut tengah digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Keuangan, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pemerintah berencana memberikan subsidi pulsa kepada dosen, guru, hingga murid untuk mendukung proses belajar mengajar melalui daring selama pandemi covid-19. Seperti diketahui, Kemendikbud memberlakukan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk mencegah penularan virus corona. Namun, skema pembelajaran itu menemui kendala sebab tak semua murid maupun pengajar memiliki alat memadai seperti smartphone dan laptop. Mereka juga mengalami kendala dari segi biaya pulsa untuk mendapatkan jaringan internet. Erick menyatakan PT Telkomsel (Persero) bekerja sama dengan Kominfo sebetulnya sudah memberikan pulsa murah senilai total Rp1,7 triliun. Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan akan memberi kebijakan guna membantu anak-anak dari keluarga miskin untuk bisa mempunyai ponsel atau pulsa sehingga bisa mengikuti aktivitas sekolah daring.

Namun, ia belum bisa memberi hasil kajian sementara terkait kebijakan hingga anggaran yang disiapkan untuk menunjang pembelajaran digital bagi anak sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengaku tengah berupaya agar pelajar bisa mendapat kemudahan soal kuota internet dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Akan tetapi, belum bisa menjanjikan.

Diketahui, PJJ dilakukan karena kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan selama pandemi virus corona. Namun, banyak pelajar di berbagai daerah yang terkendala membeli kuota internet untuk belajar di rumah. Selama PJJ berjalan, Nadiem mengaku banyak mendapat laporan kendala orang tua dan pelajar dalam membiayai kuota. Perkara ini menurutnya lebih banyak didapati dibanding pelajar yang tidak memiliki gawai. Diketahui, Nadiem juga berencana membuka kembali sekolah di zona kuning dan hijau.

Baca Juga: Bagaimana Nasib Pegawai Swasta yang Tak Dapat Bantuan Rp 600 Ribu

Dengan begitu, kegiatan belajar mengajar kembali dilakukan di sekolah. Namun, Nadiem berjanji akan mengevaluasi dan memperbaiki PJJ yang akan tetap dilaksanakan di sebagian daerah. Pemerintah terus berupaya mencari jalan keluar atas segala hambatan yang ada. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply