Kenali Tanda-Tanda Anak Kecanduan Gadget

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Perkembangan otak anak di 5 tahun pertama kehidupannya akan optimal bila ia mendapat stimulasi bicara, visual, motorik kasar, dan motorik halus. Bila anak mengalami kecanduan gadget, keempat stimulasi tersebut tidak bisa didapatkan dengan cukup.

Belum banyak orang tua yang tahu apa saja tanda anak kecanduan gadget. Nyatanya, data statistik menunjukkan bahwa 1 dari 3 anak memiliki kebiasaan menggunakan gadget sebelum ia mampu berbicara. Padahal, kecanduan gadget pada anak dapat menimbulkan dampak buruk, salah satunya terkait perkembangan otak. Selain itu, kecanduan gadget juga menyebabkan anak cenderung tidak banyak bergerak. Hal ini membuatnya berpotensi mengalami obesitas. Anak yang mengalami obesitas lebih rentan terkena diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan stroke saat sudah dewasa. Anak yang kecanduan gadget cenderung memiliki perilaku agresif, lebih mudah marah dan melakukan tindak kekerasan. Bila masih balita, perilaku agresif ditunjukkan dengan mudah tantrum pada hal-hal sepele.

Berikut ini tanda-tanda anak kecanduan gadget.

Menggunakan Gadget di Setiap Waktu Luang
Apakah anak selalu terpaku pada gadget saat sedang senggang, bahkan jika hanya sebentar? Misalnya saat menunggu makanan datang, saat sedang mengantre, atau saat sedang dalam perjalanan? Ini adalah tanda anak kecanduan gadget yang paling mudah dikenali.

Terlihat Gelisah Bila Tidak Sedang Menggunakan Gadget
Saat sudah kecanduan gadget, anak cenderung agresif. Apakah anak Anda terlihat gelisah saat tidak ada kegiatan dan tidak ada gadget dalam genggaman? Pada banyak kasus, anak bahkan marah hingga tantrum saat ‘kehilangan’ gadget dari genggamannya.

Tidak Tertarik dengan Aktivitas Lain, Selain Bermain dengan Gadget
Salah satu ciri-ciri anak kecanduan gadget adalah menolak melakukan aktivitas lain yang mengharuskannya melepas gadgetnya. Anak biasanya jadi malas bermain dengan teman atau saudaranya.

Enggan Bepergian ke Luar Rumah
Sering kali, pola pikir yang tertanam pada anak yang sudah kecanduan gadget adalah bepergian berarti harus lepas dengan gadgetnya.

Mengalami Kesulitan untuk Tidur di Malam Hari
Paparan blue light dari gadget telah banyak diteliti memiliki dampak terhadap kualitas dan kuantitas tidur seseorang.

Melanggar Batas Waktu Menggunakan Gadget yang Diperbolehkan oleh Orang Tua
Lebih parah, anak yang kecanduan gadget sering kali mencuri-curi waktu agar bisa bermain dengan gadgetnya lebih lama. Meski orang tua berusaha membatasi screen time-nya, tak jarang anak menawar bahkan marah jika diminta untuk berhenti memainkan gadgetnya.

Menggunakan Gadget Secara Sembunyi-Sembunyi
Serupa dengan poin sebelumnya, rasa kecanduan gadget pada anak dapat membuatnya melakukan perbuatan yang tidak jujur.

Baca Juga: Motor Chopper Presiden Joko Widodo (Jokowi) Hilang di LHKPN

Tidak Mampu Konsentrasi dengan Baik di Sekolah
Jika sudah berlangsung cukup lama, tanda anak kecanduan gadget yang sering kali luput dari perhatian orang tua adalah anak jadi sulit berkonsentrasi dengan baik di sekolah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply