Cara Mudah Cek NIK Online Dari HP

0
C CumaBerita.com, Jakarta. NIK punya banyak fungsi penting untuk berbagai hal yang berkaitan dengan administrasi kependudukan, misalnya buat keperluan menikah, membuka rekening bank, mengikuti pemilu, mendaftar pekerjaan, dan masih banyak lagi. Memastikan NIK valid dapat berguna untuk mencegah berbagai kejadian buruk seperti penipuan. Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dapat dicek validitasnya melalui berbagai cara online yang bisa dilakukan hanya menggunakan ponsel. Salah satu cara menggunakan jalur WhatsApp yang kini semakin banyak pilihannya.

Cara cek NIK Lewat WhatsApp
Ada satu nomor WhatsApp dari Disdukcapil untuk pengecekan NIK, yaitu 0813-2691-2479. Cara mengeceknya yaitu mengirim format pesan teks berupa #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga(16digit nomor)#Nomor_telepon#alamat_email#permasalahan ke salah satu nomor WhatsApp tersebut.

Cek NIK lewat Call Center
Selain lewat aplikasi pesan instan WhatsApp, cek NIK juga dapat dilakukan dengan menghubungi Call Center Halo Dukcapil melakukan panggilan hotline 1500-537 Dirjen Dukcapil Kemendagri. Cara ini diklaim lebih cepat mendapatkan respons jika panggilan Anda diterima.

Cara Cek NIK online melalui email
Ada beberapa format yang harus diikuti untuk mempermudah petugas mengecek NIK. Berikut format yang ditentukan oleh Pemerintah:
#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan dan kirim ke alamat email yang tertera di atas.

Cara cek NIK lewat FB dan Twitter
Masyarakat dapat mengeceknya dengan mengunjungi akun resmi di Facebook Halo Dukcapil, dan untuk Twitter resmi dengan akun @ccdukcapil.
Untuk mengecek NIK di keduanya dapat melampiri #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Anak Kecanduan Gadget

Cara Cek NIK menggunakan SMS
Anda dapat mengirim pesan SMS ke nomor 0815-3636-9999 dengan format Cek#KTP#NIK milik Disdukcapil Kementerian Dalam Negeri. Meski tidak instan, namun beberapa saat kemudian pengguna akan mendapat balasan sesuai dengan permohonan. Usai mengetahui cara cek NIK secara online, masyarakat tak lagi harus pergi ke kantor Dukcapil karena bisa dilakukan dari rumah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply