Kenali Penyebab Memori Hp Android Penuh dan Cara Mengatasinya

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Ruang penyimpanan pada ponsel pintar merupakan elemen yang sangat penting dalam menunjang performa ponsel, selain prosesor yang digunakan. Ketersediaan ruang penyimpanan yang sempit akan memberi gangguan kinerja ponsel tersebut. Memori penyimpanan ponsel Android bisa penuh. Memori yang penuh ini bisa disebabkan oleh berbagai macam alasan tergantung kebiasaan pengguna dalam menggunakan gawainya. Maka dari itu pengguna perlu memperhatikan kapasitas ruang penyimpanan pada ponsel untuk menjaga kinerja ponselnya tetap optimal.

Berikut alasan memori penyimpanan ponsel Android penuh dan cara mengatasinya.

Sistem operasi berukuran besar
Sistem operasi pada ponsel Android akan terus memberikan pembaruan untuk memberikan keamanan dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan pembaruan tersebut, ukuran dari sistem operasi tersebut pun akan semakin besar.

Data pesan instan menumpuk
Budaya berkirim pesan pada aplikasi pesan instan sudah menjadi bagian dari pola komunikasi masyarakat saat ini. Penggunaan aplikasi pesan instan dalam jangka panjang tentu akan membuat penumpukan pesan. Selain itu budaya berkirim foto dan video juga akan semakin memperbesar ruang penyimpanan yang digunakan oleh aplikasi pesan instan tersebut.

Aplikasi berukuran besar
Sebuah aplikasi akan menunjukkan ukuran yang digunakan saat diunduh. Namun ukuran tersebut hanya ukuran aplikasi pada saat awal digunakan. Pengguna bisa saja menghapus data-data yang ada pada aplikasi tersebut secara manual, namun pengguna perlu berhati-hati agar tidak menghapus data penting yang bisa berdampak pada kinerja aplikasi.

File berukuran besar
Ponsel yang memiliki kualitas kamera yang baik menghasilkan hasil foto dan video yang berukuran besar. Penumpukan file foto dan video dalam waktu lama akan membebani ruang penyimpanan ponsel.

Aplikasi tidak terpakai
Pengguna kerap mengunduh bermacam aplikasi pada ponselnya terutama aplikasi-aplikasi yang sedang menjadi tren. Namun tak jarang pengguna hanya menggunakan aplikasi tersebut dalam waktu singkat. Selain itu, pengguna mengunduh aplikasi baru, namun tidak menghapus aplikasi lama yang tidak terpakai.

Baca Juga: Cara Mudah Keluar Dari Jeratan Pinjol Ilegal

Aplikasi tersebut jika dibiarkan menumpuk akan memenuhi ruang penyimpanan pada ponsel. Selain memenuhi ruang penyimpanan, aplikasi tersebut juga akan membebani prosesor karena kemungkinan masih bekerja di ‘background’. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply