Awas! Fitur Add Yours Instagram Buka Celah Penipuan dan Curi Data

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Add Yours merupakan fitur terbaru yang bisa digunakan di Instagram Story. Lewat Add Yours, pengguna bisa saling berbalas pesan lewat postingan Insta Story. Belakangan, fitur itu kerap dijadikan kuis atau challange oleh para pengguna. Media sosial Instagram belum lama merilis fitur terbaru sticker Add Yours.

Namun sebagian pengguna justru mengeluhkan bahwa lewat platform itu menjadi celah kebocoran data hingga sebagai modus operandi di jagat maya. Challenge Add Yours kerap seliweran di postingan Instastory pengguna, di antaranya postingan itu meminta untuk menyebut berapa umur pengguna dan pasangan, siapa nama panggilan, tak jarang ada challange untuk meminta tanggal lahir. Meski terbilang bisa dijadikan untuk ajang ‘seru-seruan’ di jagat maya, salah satu pengguna mengungkap bahwa lewat challenge ‘variasi nama panggilan kamu’, menjadi celah penipuan. Konteks penipuan lewat fitur Add Yours diungkapkan salah satu kreator konten Eza Hazami. Ia menyebut bahwa fitur Add Yours dengan mudah membuat pengguna latah memberikan data pribadi. Tersebarnya data pribadi kerap bermuara pada tindak kejahatan yang menyebabkan kerugian.

Pakar keamanan siber mengatakan bahwa fitur Add Yours bukan menjadi akar masalah dalam modus kejahatan. Kecerobohan pengguna lah yang menjadi penyebab dari maraknya kejahatan rekayasa sosial itu. Biasanya memang dari sisi ancaman pengguna tak banyak yang menyadari bahwa individu telah membagikan informasi yang bersifat rahasia, lewat kuis atau fitur tambahan seperti contohnya Add Yours.

Disarankan pengguna media sosial agaknya lebih sensitif dan menghindari untuk membagikan data kependudukan yang sifatnya pribadi. Hal itu lantaran dapat berpotensi melancarkan aksi kejahatan lewat rekayasa sosial. Di samping itu penjahat siber bisa mendapatkan nomor telepon pengguna, dengan berbagai cara. Di antaranya dengan menelusuri postingan pengguna yang menyematkan nomor telepon untuk dijadikan informasi tambahan jika berjualan atau bertransaksi di media sosial.

Baca Juga: Pilihan Terbaik Kombinasi Sarapan Untuk Turunkan Berat Badan

Mereka mendapatkan informasi nomor telepon pengguna dari media yang ada. Misalkan yang pernah terjadi kita pernah jualan apa setahun yang lalu yang isinya ada nomor kita. Jadi mereka dengan cara itu, jadi kalau kita jualan juga mesti hati-hati kita mesti sadar, jadi bisa lewat history postingan kita. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply