Cara Mengatasi Video WhatsApp Gagal Tersimpan di Galeri

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Saat video WhatsApp tidak bisa disimpan di galeri, ada beberapa hal yang perlu Anda cek. Beberapa hal ini bisa jadi penyebab video WhatsApp yang tak tersimpan di galeri. WhatsApp menjadi salah satu aplikasi berbagi pesan yang paling populer.

Lewat aplikasi ini, Anda bisa berbagi banyak hal, termasuk di antaranya dokumen video. Sayangnya, beberapa orang mengalami kesulitan saat menyimpan video WhatsApp di galeri. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi video WhatsApp yang tidak tersimpan di galeri ponsel. Yang pertama adalah pastikan koneksi internet aktif dan berjalan baik. Anda disarankan untuk membuka situs web tertentu untuk mengecek koneksi. Koneksi yang buruk bisa jadi salah satu penyebab gagal menyimpan video WhatsApp ke ponsel. Selain itu, pastikan juga tanggal dan jam ponsel diatur dengan tepat. Jika pengaturan waktu tak sesuai, Anda tidak akan bisa terhubung ke server WhatsApp untuk mengunduh dokumen.

Berikut beberapa cara mengatasi video WhatsApp yang tidak tersimpan di galeri. 

Atur unduh otomatis
Fitur ini dapat menjadi cara agar video dan gambar WhatsApp tersimpan secara otomatis di galeri. Berikut langkahnya.
– Buka aplikasi WhatsApp;
– Buka opsi Setting;
– Pilih opsi Storage and data;
– Pada bagian ‘Media Auto-download’, aktifkan pilihan ‘When using mobile data’;
– Dengan cara ini, media apa pun akan otomatis terunduh dan tersimpan di galeri ponsel.

Aktifkan media visibility
Setelah mengaktifkan fitur unduh otomatis, Anda perlu memastikan fitur media visibility sudah aktif. Berikut langkahnya.
– Buka aplikasi WhatsApp;
– Buka opsi Settings;
– Pilih opsi Chat;
– Aktifkan fitur ‘Media Visibility’ dengan mengetuk toggle bar-nya.

Cek SD card
Jika masalah terus berlanjut, bisa jadi ada masalah pada kartu SD yang Anda miliki. Pastikan ruang penyimpanan masih tersedia.
Jika ada cukup ruang pada kartu SD, namun Anda masih tidak bisa mengunduh dokumen dokumen video, maka Anda disarankan untuk menghapus data WhatsApp dari kartu SD.

Baca Juga: Tips Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Mudah Dibajak

Jika tak ada satupun cara mengatasi video WhatsApp tidak bisa disimpan di galeri di atas yang berhasil menyelesaikan masalah, maka berarti ada kerusakan pada kartu SD. Dalam hal ini, Anda perlu memformat ulang kartu SD atau menggantinya dengan yang baru. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply