Foto Profil Biodata BKS Iyengar Penemu Pencipta Gerakan Senam Yoga dari India

0
F CumaBerita.com, Jakarta. B. K. S. Iyengar atau Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar adalah pendiri Iyengar Yoga dan salah satu pelatih yoga terkenal di dunia. BKS Iyengar menulis berbagai buku tentang praktik yoga dan filosofi meliputi Light on Yoga, Light on Pranayama, dan Light on the Yoga Sutras of Patanjali.

BKS Iyengar menerbitkan buku pertamanya (Light on Yoga) pada 1966. Buku tersebut diterjemahkan ke dalam 17 bahasa dan terjual 3 juta salinan. Hari lahir pelatih yoga terkemuka di dunia, Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar (BKS) atau yang terkenal sebagai BKS Iyengar di rayakan di Google Doodle pada hari Senin 14 Desember 2015.

BKS Iyengar lahir di India, 14 Desember 1918 dan meninggal di usia 95 tahun, pada 20 Agustus 2014. BKS Iyengar adalah pendiri Iyengar Yoga dan pernah menerima penghargaan Padma Bhushan, Padma Shri, Time 100. BKS Iyengar mengajarkan Hatha Yoga. Berdasarkan tradisi Hindu, Hatha Yoga ini diyakini sebagai ciptaan Dewa Siwa.

Baca Juga: Video Foto Penampilan Peran Iko Uwais, Yayan Ruhian Karakter di Film Star Wars: The Force Awakens 2015

BKS Iyengar tumbuh di keluarga miskin yang berada di Bellur, Kolar District, Karnata. BKS Iyengar merupakan anak kesebalas dari tiga belas bersaudara. Waktu kecil, BKS Iyengar lemah, karena menderita pelbagai penyakit seperti epidemi influenza, malaria, TBC, dan tifus. Beruntung, BKS Iyengar berhasil sembuh dari semua penyakit tersebut. Lalu pada usia 15 tahun, BKS Iyengar dibimbing kakak iparnya untuk mempraktikkan yoga. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply