7 Tips Terbang Bersama Anak untuk Orangtua Muda

0

Bagi orangtua baru yang akan membawa anak terbang naik pesawat pertama kali, pasti rasanya akan gugup sekali. Meskipun pasangan ikut menemani, tetap saja rasa cemas itu datang. Biasanya hal itu karena khawatir si kecil akan rewel, tiba-tiba sakit, maupun hal-hal tak terduga lainnya.

Biasanya juga, rasa gugup itu juga terjadi karena segala bayangan yang memberikan rasa was-was sudah berputar di kepala. Mulai dari jeritan si kecil yang akan menggema di seluruh kabin pesawat, menolak untuk duduk tenang, hingga meminta sesuatu yang tidak bisa didapatkan saat dalam perjalanan.

Di saat seperti ini, komunikasi bersama adalah hal yang paling penting agar segala perencanaan perjalanan berjalan dengan lancar. Peran kamu sebagai orangtua muda siaga sangatlah dibutuhkan. Nah, apa saja hal yang perlu diperhatikan para orangtua muda sebelum membawa anak terbang naik pesawat pertama kalinya? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Pertimbangkan waktu beli tiket online

Memang, banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan saat beli tiket pesawat untuk perjalanan bersama si kecil. Salah satu yang penting kamu perhatikan adalah jadwal penerbangan dan waktu sampai di destinasi.

Sebelum kamu klik dan membayar tiket tersebut, lihat apakah jadwalnya akan bisa disesuaikan dengan jam tidur dan jam makan anak. Mengapa harus demikian? Kita sebagai orang dewasa bisa saja menyesuaikan diri sesuai dengan keadaan. Namun, tidak demikian halnya pada anak-anak.

Jika kamu melakukan penerbangan dengan waktu tempuh yang cukup lama, pastikan untuk menyesuaikannya dengan waktu tidur anak, terlebih jika harus melakukan transit. Dengan demikian, diharapkan si kecil akan tertidur sepanjang perjalanan dan terhindar dari jetlag. Pertimbangkan juga posisi tempat duduk yang paling nyaman.

2. Pastikan ketentuan maskapai tentang harga tiket anak

Umumnya, sebagian besar maskapai mengharuskan anak yang berusia di bawah dua tahun untuk duduk di pangkuan penumpang dewasa tanpa harus membeli tiket. Itu pun dengan ketentuan setiap penumpang hanya diperbolehkan untuk membawa satu anak.

Namun, sekalipun duduk di pangkuan penumpang dewasa, ada juga maskapai yang mengharuskan anak dikenai harga tiket beberapa persen dari harga tiket penumpang dewasa. Ada juga maskapai yang memberikan harga tiket anak yang sama dengan harga penumpang dewasa jika anak menempati tempat duduk sendiri.

Cari info harga tiket pesawat untuk penumpang seusia anak kamu pada setiap maskapai. Bandingkan dengan segala fasilitas yang ditawarkan.

3. Pastikan jatah bagasi dari maskapai terkait

Ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Beda maskapai biasanya akan beda juga ketentuannya. Biasanya, barang keperluan anak akan lebih memakan tempat dan juga lebih berat ketimbang barang yang kita bawa. Jadi, rasanya akan sulit untuk menyatukan semua barang dan mencukupkannya dengan jatah berat bagasi kita.

Sebelum membeli tiket, ada baiknya untuk memastikan apakah harga tiket anak sudah termasuk jatah bagasi atau belum agar bisa memperkirakan berapa banyak barang yang akan dibawa.

4. Tentukan jenis stroller yang akan dibawa

Poin ini juga tidak kalah pentingnya dengan dua poin di atas. Tidak semua maskapai memberikan fasilitas stroller kepada para penumpang yang membawa anak. Untuk itu, pastikan untuk menentukan jenis stroller yang akan dibawa sebelum berangkat.  Pertama, sesuaikan dengan itinerary kamu selama traveling. Kedua, sesuaikan stroller dengan jarak tempuh selama perjalanan.

Kamu sebagai orangtua muda sudah pasti mendapatkan tugas untuk mengurus stroller, mulai dari melipatnya tiap kali melewati scan security, membuka dan menyiapkannya untuk anak, hingga mengangkatnya ke kabin atau tempat yang sudah disediakan di dalam pesawat. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memilih stroller yang paling ringan dan mudah kamu operasikan, karena kenyamanan akan mempermudah segalanya.

5. Siapkan segala dokumen

Anak-anak juga membutuhkan kartu identitas saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Jika akan melakukan penerbangan domestik jangan lupa untuk membawa akta kelahirannya. Lain halnya dengan penerbangan internasional yang membutuhkan paspor sekalipun anak tersebut masih bayi. Meninggalkan dokumen-dokumen penting anak saat akan melakukan perjalanan dengan pesawat adalah sebuah hal yang fatal.

6. Pastikan untuk membawa mainan favoritnya

Anak yang tenang selama perjalanan dengan pesawat rasanya adalah impian setiap orang tua. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa mainan atau benda favoritnya agar ia bisa merasa nyaman dan terhibur selama perjalanan. Terlebih jika waktu penerbangan yang cukup jauh.

7. Jangan lupakan camilan kesukaannya

Bagi kita saja orang dewasa, makanan dalam pesawat rasanya kurang nikmat di lidah. Terlebih bagi anak-anak. Perhatikan untuk mengemas makanan favorit buatan ibunya agar ia bisa tenang dan tidak rewel karena lapar.

Nah, itulah 7 hal yang perlu diperhatikan bagi para orangtua muda sebelum membawa serta si kecil dalam perjalanan menggunakan pesawat. Kalau setelah sampai di tempat tujuan langsung mengiap di hotel, berarti sebelumnya harus reservasi terlebih dahulu. Jangan lupa untuk cek harga hotel di www.reservasi.com.

Share.

Tentang Penulis

Leave A Reply