Lion Air Akhirnya Resmi Turunkan Harga Tiket Pesawat

0
L CumaBerita.com, Jakarta. Lion Air Group akhirnya menurunkan harga tiket. Lion Air Group menurunkan harga tiket berlakunya aturan penurunan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat 12-16%. Imbas pemberlakuan aturan tersebut, harga tiket pesawat Lion Air di sejumlah rute langsung mengalami penurunan.

Di laman Traveloka untuk penerbangan Jakarta-Surabaya Sabtu 25 Mei 2019 menggunakan maskapai berlambang singa tersebut dijual seharga Rp 711.300 pukul 4.30 WIB. Harga serupa juga berlaku untuk penerbangan berikutnya pukul 5.00 WIB. Bergeser ke penerbangan selanjutnya, harga tiket Lion Air lebih tinggi menjadi Rp 967.600 pukul 9.10 WIB dan 11.20 WIB. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan posisi beberapa waktu lalu yang berada di level Rp 1 juta. Untuk penerbangan dengan layanan layanan penuh (full services), Batik Air dengan rute dan hari yang sama dijual Rp 1,1-1,3 juta.

Perbedaan harga tersebut dikarenakan layanan yang ditawarkan juga berbeda. Berbalik ke Lion Air dengan rute sibuk lainnya yaitu Jakarta-Yogyakarta. Untuk penerbangan rute tersebut pada Sabtu 25 Mei 2019 dipatok sebesar Rp 536.400 pukul 18.05 WIB. Sedangkan harga termahal pada waktu yang sama adalah Rp 723.400. Rute padat lainnya, Jakarta-Bali dengan tanggal yang sama dijual Rp 842.200.

Sedangkan harga termahal di tanggal yang sama untuk maskapai yang sama, yaitu Lion Air adalah Rp 1,1 juta. Corporate Communications Strategic Lion Air mengatakan harga tiket yang dijual sudah sesuai aturan. Harga tiket Lion Air Group tidak ada yang dijual melebihi TBA. Penjualan harga tiket Lion Air, dibedakan berdasarkan jenis pesawat antara lain pesawat jet dan baling-baling (propeller).

Bagi penumpang yang ingin mendapatkan layanan penuh (full services) maka bisa menumpangi Batik Air. Sedangkan mereka yang ingin pelayanan minimum bisa menumpangi Lion Air. Harga jual tiket penerbangan yang dijual merupakan implementasi penggabungan beberapa komponen menjadi kesatuan harga tiket pesawat.

Baca Juga: Prabowo Subianto Tolak Hasil Rekapitulasi ‘Senyap’ KPU

Biaya tiket sekali jalan (one way) untuk penerbangan langsung terdiri dari komponen tarif dasar (basic fare) tiket pesawat menurut jarak, pajak (government tax) dengan kisaran 10% dari harga dasar (basic fare) tiket pesawat, iuran wajib asuransi yang disingkat IWJR (Iuran Wajib Jasa Raharja) dan Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax dimasukkan langsung dalam biaya tiket pesawat. Besarnya berbeda-beda sesuai dengan bandar udara di masing-masing kota. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply