Ini Syarat dan Ketentuannya, Harga Tiket Pesawat Turun

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Kebijakan pemerintah menurunkan tarif tiket pesawat dengan memangkas tarif batas atas (TBA) dianggap tak efektif. Sebab, pemangkasan TBA justru akan membuat tiket pesawat tak fleksibel dan cenderung di harga atas atau mahal.

Sebelumnya maskapai menjual harga tinggi saat permintaan tinggi seperti Lebaran atau Tahun Baru. Saat permintaan rendah, maskapai bisa menjual tiket murah karena bisa melakukan subsidi silang. Namun, lantaran tarif batas atas diturunkan, maka potensi pendapatan maskapai saat peak season seperti saat musim mudik lebaran jadi tak terpenuhi. Imbasnya, subsidi yang harusnya bisa dilakukan saat musim sepi jadi tak bisa dilakukan. Sehingga tarif tiket pesawat di musim sepi ikut mahal. Kenapa mahal, karena sebelum ini harga tiket ini fleksibel, kadang dekat tarif batas atas, kadang-kadang mendekati tarif batas bawah. Kenapa, pada saat ramai, Lebaran kemarin seharusnya kesempatan airlines mendapat laba, panen, ketika sepi cross subsidi.

Dengan memangkas TBA maka maskapai sulit melakukan subsidi silang. Imbasnya, tarif tiket pesawat justru mendekati batas atas karena tidak fleksibel. Sebaiknya batas atas justru dinaikkan. Dengan demikian, maskapai bisa menurunkan harga lebih dalam saat permintaan sedikit. Kalau tarif batas atas dinaikkan, saat ramai Lebaran harga tiket akan makin mahal dari sekarang, tapi ketika sepi akan turun signifikan dari sekarang.

Harga tiket pesawat murah bakal kembali bisa dinikmati masyarakat. Setidaknya itu yang dijanjikan oleh pemerintah setelah mencapai kesepakatan untuk penyediaan kembali harga tiket pesawat murah untuk penerbangan maskapai low cost carrier (LCC/penerbangan hemat) rute domestik.

Itu akan memberi kesempatan dan peluang kepada masyarakat yang ingin mendapatkan tiket terjangkau. Nantinya maskapai LCC akan kembali menyediakan tiket pesawat rute domestik dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Penyediaan tiket pesawat murah mengikuti syarat dan ketentuan yang telah disepakati, yakni pada jam tertentu.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Diputuskan Turun!

Penurunan harga ini juga tidak berlaku bagi maskapai full service seperti Garuda dan Batik. Harga tiket pesawat akan ditentukan oleh maskapai. Penyediaan harga tiket pesawat yang terjangkau bakal berlaku mulai minggu depan. Pelaksanaan dari kebijakan ini baru akan dilaksanakan efektif seminggu setelah diumumkan oleh para masing-masing maskapai terkait. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply